Health

Jika Si Kecil Harus Dirawat di Rumah Sakit

By  | 

Tentu saja Anda tidak ingin Si Kecil dirawat di rumah sakit. Apalagi membayangkan tangan mungilnya harus terkena jarum infus. Tapi apa daya jika ia terkena penyakit serius, sebaiknya Anda menyerahkan pemulihan Si Kecil pada paramedis agar perkembangannya dapat dipantau intensif ya, Mamas. Berikut adalah hal yang harus Anda lakukan jika Si Kecil harus diopname.

  • Persiapkan mental dan jaga kondisi kesehatan Anda sendiri. Sebagai mama tentu saja Anda harus menemani Si Kecil menginap di rumah sakit. Pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan prima. Pasalnya menjaga Si Kecil di rumah sakit sangat menguras energi lho. Perhatikan asupan dengan konsumsi makanan sehat.
  • Bawa pakaian secukupnya, mainan, atau buku yang banyak. Dalam kondisi yang kurang enak, Si Kecil kerap merasa bosan dan cenderung rewel. Mainan dan buku kesukaannya dapat dijadikan hiburan baginya.
  • Kerap bertanya hingga detail. Hal ini juga penting lho Mams. Tanyakan dengan detail apa saja pengobatan dokter terhadap Si Kecil dan apa saja dampaknya. Meskipun telah memercayakan perawatan anak pada pihak rumah sakit, Anda berhak mengetahui secara rinci perihal pengobatan yang dilakukan. Hal ini dapat mencegah mal praktek maupun kemungkinan praktik komersil.
  • Pelajari obat yang diberikan. Kini Anda sudah lebih mudah mengetahui detail dan efek setiap obat melalui internet. Pastikan Anda melakukan hal tersebut jadi Anda dapat mengetahui apakah obat yang diberikan aman untuk anak.
  • Batasi jumlah tamu. Kedatangan banyak kerabat memang menyenangkan, namun Si Kecil butuh istirahat sehingga Anda harus bijak dalam mengatur flow para tamu yang datang menjenguknya. Bila perlu Anda dapat menemui mereka di kafetaria rumah sakit. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares