Career

Kerja di Rumah Vs Kerja di Kantor

By  | 

CEO Yahoo Marissa Mayer mengatakan, “Seseorang akan lebih produktif jika sedang sendirian.” Hal ini masuk akal ya Mams, karena seseorang akan lebih fokus bekerja tanpa distraction atau hal-hal yang bisa mengalihkan perhatiannya. Namun di sisi lain, seseorang juga akan lebih inovatif saat sedang bersama, ide cemerlang segera dapat dihasilkan saat dua orang menyatukan idenya bersama-sama. Lalu bagaimana yang lebih baik? Bekerja dari rumah atau di kantor? Sebelum memutuskan mana yang lebih baik, yuk kita simak bersama keuntungan bekerja di rumah maupun di kantor.

Keuntungan Bekerja di Rumah

  • Tidak menempuh perjalanan. Hidup di kota besar kerap membuat orang lelah menghadapi lalu lintas setiap hari sehingga saat tiba di kantor seringkali para pekerja justru merasa tak bersemangat. Belum lagi jika musim hujan tiba, kemacetan dan kesulitan mendapatkan transportasi umum mencapai dua kali lipat. Bekerja di rumah jauh lebih tenang karena tidak perlu memikirkan transportasi.
  • Lebih fokus. Lingkungan yang relatif lebih tenang tanpa gangguan membuat Anda lebih fokus pada pekerjaan saat bekerja di rumah.
  • Lebih sehat. Berada di rumah membuat pekerja cenderung makan lebih sehat, lebih sedikit menghirup udara berpolusi, serta minim stress.
  • Balance antara keluarga dan pekerjaan. Bekerja di rumah membuat Anda juga dapat fokus pada keluarga. Sambil bekerja Anda dapat sekaligus mengawasi aktivitas Si Kecil.
  • Produktivitas lebih tinggi. Seperti yang sudah dibahas di atas, produktivitas akan meningkat saat bekerja seorang diri. 

Keuntungan Bekerja di Kantor

  • Sosialisasi. Bekerja di kantor membuat Anda bertemu dan berbincang dengan orang banyak. Hal ini juga dapat membantu Anda refreshing serta memperluas
  • Disipilin. Bekerja di kantor dengan jam kerja yang pasti dapat melatih kedisiplinan pekerja.
  • Mendapatkan banyak ide cemerlang. Keuntungan dari bertemu dengan rekan kerja di kantor adalah brainstorming sehingga Anda banyak menemukan ide cemerlang yang dapat digunakan untuk kemajuan perusahaan.
  • Memperluas wawasan. Bertemu dengan orang banyak juga dapat memperluas pengetahuan dan wawasan Anda mengenai segala hal. Mulai dari pekerjaan hingga isu terbaru yang sedang terjadi di dunia.

Nah, kalau sudah begini manakah yang lebih baik, bekerja di rumah atau di kantor? Karena keduanya memiliki keuntungan yang hampir sama besarnya. Menurut pendapat Smart Mama, jika Anda memiliki sebuah perusahaan, beberapa pekerja yang memang dapat memanfaatkan teknologi dari rumah seperti seorang writer, graphic designer, dan social media management dapat mengerjakan pekerjaannya dari rumah. Namun, profesi yang tidak memungkinkan bekerja dari rumah misalnya customer service atau public relation harus bekerja di kantor. Namun sebagai owner, Anda juga harus trial and error dengan mencoba berbagai alternatif, misalnya menerapkan aturan bekerja di kantor tiga hari dalam seminggu, lalu sisanya di rumah atau datang ke kantor kala akan rapat atau berjumpa klien. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares