Beauty & Style

6 Manfaat Masker Kopi

By  | 

Ada banyak sekali manfaat kopi lho, Mamas. Selain bisa Anda nikmati sebagai minuman pengusir kantuk, kopi juga memiliki manfaat  untuk kecantikan kulit. Mulai dari mencerahkan kulit wajah yang kusam, mengatasi pori-pori besar, sampai  menghaluskan kulit secara alami.

Meskipun khasiat masker kopi bagi wajah cukup besar, Anda juga bisa mengombinasikan masker kopi dengan menggunakan bahan lainnya agar hasilnya lebih maksimal. Berikut adalah manfaat dari masker kopi yang bisa Anda buat di rumah. Selamat mencoba, Mams!

1. Mengangkat sel kulit mati. Bubuk kopi dapat mengelupaskan sel kulit mati tanpa membuatnya jadi kering. Sangat cocok untuk pemilik jenis kulit berminyak. Caranya, ambil tiga sendok teh bubuk kopi, campur dengan satu sendok teh susu. Lalu oleskan campuran pada wajah sebagai scrub. Pijat seluruh area wajah secara perlahan dengan gerakan melingkar. Setelah kering, bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan menepuk-nepuk handuk lembut pada wajah.

2. Mengencangkan kulit. Kopi juga berfungsi untuk mengencangkan kulit. Caranya, ambil bubuk kopi lalu campur dengan bubuk cokelat dan susu bubuk dengan perbandingan 2:1:1 (kopi: cokelat: susu bubuk) dan beri sedikit air. Oleskan pada wajah, diamkan sampai mengering lalu bilas.

3. Menghaluskan tumit dan siku. Kulit tumit dan siku terasa kasar dan kapalan? Gunakan bubuk kopi! Ambil tiga sendok teh bubuk kopi, campur dengan satu sendok teh susu bubuk dan beri sedikit air. Gosok perlahan pada tumit dan siku yang hitam. Pijat selama beberapa menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Menghalangi sinar UV yang memicu kanker kulit. Salah satu manfaat dari kafein adalah mencegah kanker kulit. Cukup olesi bubuk kopi yang sudah dicampur sedikit air pada seluruh area wajah, lalu diamkan hingga kering. Bubuk kopi mampu memberi perlindungan pada kulit dari sinar UV pemicu kanker kulit.

5. Menghilangkan jerawat. Bubuk kopi juga bisa menghilangkan jerawat dan membuat wajah lebih segar dan bersinar! Caranya, campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun secukupnya. Oleskan pada wajah, tunggu hingga mengering, dan bilas hingga bersih.

6. Mencerahkan wajah. Agar wajah lebih bercahaya, Anda bisa campurkan bubuk kopi dengan putih telur secukupnya. Oleskan pada seluruh permukaan wajah dan tunggu sekitar 10-15 menit. Lalu bilas sampai bersih. Sel kulit mati akan terangkat dan kulit akan terasa lebih kencang. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares