Education

Manfaat Bermain Play Doh untuk Si Kecil

By  | 

Permainan play doh pasti menyenangkan buat Si Kecil, dan mungkin Anda tidak mengira banyak sekali manfaat yang bisa di dapat kan, Mams? Bermain play doh ternyata mampu meningkatkan kekuatan tangan dan jari-jari, mengasah keterampilan, kreativitas, dan kemampuan motorik. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan tangan dan jari dapat mensimulasi otak Si Kecil. Berikut penjelasannya.

1. Bereksperimen. Sambil membuat adonan play doh, Anda bisa bertanya pada Si Kecil,  “Bagaimana kalau kita mencampur berbagai warna play doh, pasti warnanya akan menjadi bagus, kan?” Atau bagaimana kalau di beri air, kira-kira apa yang akan terjadi?”

2. Mengenalkan aroma. Tak ada salahnya menambah aroma dari bahan pembuat kue seperti jeruk, mint, stroberi, ataupun aroma rempah-rempah. Mintalah Si Kecil untuk menjelaskan aroma yang diciumnya pada play-doh saat bermain.

3. Mengenal warna. Dorong Si Kecil menggunakan beberapa warna dalam satu bentuk. Misalnya, membuat kue dengan warna merah dan membuat mi dengan warna hijau. Tanyakan juga pada Si Kecil warna apa saja yang ia gunakan.

4. Mengenal bentuk. Gunakan berbagai macam wadah untuk menciptakan permukaan bertekstur unik, misalnya membuat kue dengan berbagai cetakan seperti bola, kotak, bintang, bentuk hati, dan lainnya.

5. Mencetak. Anda dapat mengajarkan Si Kecil menipiskan play doh dengan gilingan kue atau sebuah botol. Lalu, Si Kecil dapat menggunakan cetakan kue untuk memotong play doh sesuai bentuk yang diinginkan.

6. Menggunting. Anak-anak dapat belajar menggunakan gunting. Jika memotong kertas cukup sulit buat Si Kecil, Anda bisa gunakan play doh. Caranya, tipiskan play doh dengan gilingan kue, dan berikan gunting yang aman untuk balita. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com) 

Shares