Style

Q & A : Baby Spa di Rumah

By  | 

Q : Saya mama dari seorang bayi perempuan berusia 6 bulan. Saya ingin sekali melakukan baby spa tanpa harus keluar rumah. Apa sajakah yang harus saya persiapkan?
Keya, 30 tahun, mama dari Beatrice, 6 bulan

A : Baby spa merupakan salah satu cara memijat bayi yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhannya. Tentu saja Anda bisa melakukannya di rumah. Selain lebih hemat, Anda juga bisa melakukan bonding dengan Si Kecil. Berikut perlengkapan yang harus disiapkan.
1.Kolam renang kecil untuk bayi, bisa juga menggunakan bak mandinya.
2. Air hangat secukupnya.
3. Handuk lembut.
4. Mainan bayi.
5. Baby lotion dan baby oil (khusus untuk memijat).
6. Popok bersih dan pakaian ganti.

Langkah-langkah melakukan baby spa:
-Siapkan bak mandi yang diisi air hangat. Lengkapi dengan alas anti slip pada dasar bak agar tidak licin ya, Mamas.
-Jika blayi baru pertama kali melakukan baby spa, sebaiknya tak dilakukan dalam waktu lebih dari lima menit.
-Sebelum memulai baby spa, bayi sebaiknya sudah makan minimal satu jam sebelumnya.
-Ketika memandikan bayi, jangan lupa tetap melakukan usapan dan pijatan ringan ke seluruh tubuhnya agar tetap terstimulasi.
-Setelah bayi mandi, sebaiknya sambil mengoles minyak telon ke tubuhnya, lakukan pijatan ringan. Pijatan paling utama adalah di bagian dada dan perut yang berguna untuk perkembangan jantung dan saluran pencernaan.

Cara memijat bayi

Memijat bayi merupakan salah satu bagian dari baby spa. Berikut ini beberapa cara memijat yang dapat Anda lakukan sendiri:
-Baringkan bayi pada alas lembut dan tidak licin (bisa menggunakan handuk lembut). Pastikan suhu udara di sekitarnya hangat.
-Dada. Telapak tangan terbuka ke tengah dada bayi, lalu geser arah diagonal ke kanan atas. Selanjutnya kembali ke tengah, ke kiri atas, dan ke tengah lagi. Lanjutkan ke kiri bawah, kembali ke tengah, kanan bawah, dan kembali ke tengah.
-Paha dan betis. Pegang lembut kedua paha bayi dengan kedua tangan Anda. Putar dari dalam ke luar sembari bergerak turun menuju betis. Kemudian kembali ke atas dengan gerakan sama.
-Kaki. Pijatlah telapak kakinya dari arah tumit ke jari kaki. Remas jari satu persatu lalu pijat punggung kaki, mulai dari mata kaki sampai ke jari kakinya.
-Wajah. Mulailah memijat dari tengah menuju samping kiri, lalu ke tengah menuju samping kanan.
-Perut. Pijat perut bayi mulai dari bawah iga menuju area lebih bawahnya lagi, lalu melintang dari kanan ke kiri bayi. Kemudian turun dari bawah, lanjutkan pijatan dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U kemudian turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan pijat ini akan berakhir di perut kiri bayi.
-Tangan. Mulailah memijat dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan. Kemudian kembali memijat dari tangan ke pangkal lengan.

Tip memijat Si Kecil yang perlu Anda tahu :

1. Jangan memijat bayi menggunakan teknik urut, cukup dengan gerakan mengusap dan menyentuh lembut.
2. Hindari memijat bayi sebelum atau setelah makan, ketika ia sedang sakit, apalagi membangunkannya untuk dipijat.
3. Pastikan kuku-kuku jari sudah dipotong dan Anda tidak menggunakan perhiasan seperti cincin, gelang, dan aksesori lain yang bisa melukai bayi.
4. Pemijatan bisa dilakukan saat bayi berusia seminggu sampai tiga tahun. Dilakukan kurang lebih 15 menit di pagi dan malam hari menjelang tidur. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares