Beauty & Style

Manfaat Renang Untuk Calon Mama

By  | 

Renang memang salah satu olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil. Pasalnya, aktivitas fisik dengan berenang teratur akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lentur, napas teratur, dan tubuh tidak mudah lelah. Manfaat lainnya antara lain :
1. Membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak.
2. Mengurangi rasa mual pada masa kehamilan.
3. Memperkuat otot rahim dan sendi-sendi panggul, agar proses persalinan menjadi lebih mudah.
4. Membangun daya tahan tubuh.
5. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena berenang bisa menguatkan otot jantung dan juga memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

Adapun beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat melakukan renang adalah:
1. Gunakan pakaian renang ibu hamil yang nyaman, tidak sempit dan menekan area perut.
2. Lakukan gerakan secara tenang, perlahan-lahan, santai dan jangan sampai ada benturan pada bagian perut agar rahim tidak tergoncang. Hal ini termasuk benturan dengan air kolam, sehingga Anda harus berhati-hati ketika masuk ke dalam kolam renang. Jangan melompat, namun gunakan saja tangga di tepi kolam renang.
3. Jangan menggunakan gaya punggung. Karena dikhawatirkan akan terjadi penekanan pada pembuluh darah di bagian belakang rahim.
4. Jangan menggunakan gaya kupu-kupu. Gaya kupu-kupu terlalu banyak menggunakan gerakan yang berhubungan dengan bagian pinggang sehingga dikhawatirkan meningkatkan risiko terjadi benturan pada janin di dalam rahim.
5. Lakukan olahraga renang tiga kali dalam satu minggu dan jangan berenang lebih dari 30 menit. Karena berenang lebih dari 30 menit justru akan meningkatkan suhu dalam kandungan.
6. Jangan memaksakan diri untuk terus bergerak. Jika lelah, istirahatlah dengan cara mengapung atau merelakskan diri. Anda yang tidak bisa berenang, cukup lakukan gerakan berjalan di kolam renang yang dangkal atau melakukan gerakan aquarobik di dalam kolam renang.
7. Gerakan renang yang dianjurkan untuk Ibu hamil adalah gaya bebas dan gaya dada. Hal ini dikarenakan kedua gaya inilah yang paling tenang, perlahan dan tak ada benturan.
8. Lakukan renang di pagi hari sebelum pukul 10.00 dan sore hari sesudah pukul 15.00. Hal ini untuk menghindari paparan sinar ultraviolet dan udara yang panas yang tidak baik bagi janin Anda.
9. Usai berenang, Anda biasanya terasa lapar atau haus, konsumsilah makanan dan minuman yang bernutrisi supaya pertumbuhan janin maksimal.(Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares