Career

10 Tip Nyaman Jalani Hari Pertama di Kantor Baru

By  | 

Menjalani hari pertama bekerja di kantor yang baru memang penuh tanda tanya dan adaptasi. Di hari inilah Anda baru mengetahui secara pasti situasi kantor dan rekan kerja juga kebiasaan yang dilakukan para karyawan. Agar hari tersebut berjalan dengan nyaman, sebaiknya lakukan hal berikut.

  1. Datang lebih awal. Tergesa-gesa apalagi terlambat hadir akan menimbulkan rasa tidak nyaman, serta membuat Anda tampak kurang profesional. Oleh karena itu, usahakanlah berangkat lebih pagi sehingga Anda datang lebih cepat dari waktu seharusnya. Hal tersebut juga berguna agar Anda dapat mempelajari situasi kantor terlebih dahulu.
  2. Berpakaian pantas. Mungkin saja kantor baru tidak membuat aturan mengenai cara berpakaian, namun bukan berarti Anda datang dengan pakaian super santai seperti jeans atau kaus. Sebaiknya, di hari pertama Anda menggunakan pakaian rapi dan layak dengan make up
  3. Mengenali karakter rekan kerja. Sambil berkenalan dengan para anggota kantor baru, Anda mulai bisa mengenali sekilas karakter mereka. Juga mempelajari politik kantor sehingga di hari selanjutnya Anda sudah dapat mengantisipasi segala situasi yang mungkin terjadi.
  4. Santai dan murah senyum. Sebagai orang baru ada baiknya Anda bersikap ramah dan murah senyum serta tidak perlu malu. Hal tersebut akan memudahkan Anda berteman dengan banyak orang di kantor. Jangan tampik ajakan makan siang dari rekan kerja, di hari pertama ini Anda perlu menggali banyak informasi lho Mams sekaligus mengakrabkan diri.
  5. Berbicara dengan banyak orang. Berbincang dengan banyak orang akan menambah wawasan Anda seputar dunia kerja di kantor baru. Namun jangan sampai Anda mengganggu orang yang tengah sibuk bekerja ya Mams. Dan ciptakan pertemanan dengan salah satu orang yang memiliki chemistry dengan Anda.
  6. Don’t try too hard. Salah satu kesalahan karyawan baru adalah ingin menunjukkan bahwa ia berkemampuan tinggi di bidangnya. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan, Anda kan sudah diterima Mams di kantor tersebut jadi Anda tidak perlu melakukan pembuktian diri apalagi dengan cara ekstrem.
  7. Menjadi pendengar dan observan. Daripada Anda susah payah membuktikan diri kemudian dianggap sok tahu, lebih baik di hari pertama Anda menjadi pendengar yang baik dan mengobservasi suasana di kantor baru saja ya, Mamas.
  8. Pastikan handphone Anda tidak berbunyi. Meskipun aktif, sebaiknya Anda memastikan telepon genggam Anda tidak akan berbunyi atau aktifkan vibrasi sehingga tidak menimbulkan kegaduhan. Anda belum memahami benar habit serta tata cara di kantor yang baru, oleh karena itu hindari kektidaksukaan atasan maupun rekan kerja dengan memposisikan ponsel dalam kondisi silent.
  9. Pelajari detail pekerjaan Anda. Deskripsi pekerjaan yang diberikan ketika sign in kontrak, belum tentu sama persis dengan kenyataan. Jadi, pelajari dengan seksama hal apa saja yang harus dilakukan juga flow kerja yang berlaku di kantor baru.
  10. Meninggalkan kantor dengan sopan. Pada umumnya, sebagai karyawan baru Anda masih dalam tahap orientasi sehingga pekerjaan biasanya belum menumpuk. Oleh karena itu saat waktu pulang tiba, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan teng go, tetapi pamit dulu ya Mams baik dengan atasan maupun rekan kerja. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Various)

Shares