Health

Tip Stretching untuk Anda yang Sering Lama Duduk

By  | 

Bila pekerjaan menuntut Anda untuk banyak menghabiskan waktu dengan duduk di belakang meja kantor, akan membuat otot bagian paha (hamstring) menjadi tegang atau kaku. Otot hamstring merupakan kumpulan tiga otot yang memanjang mulai dari pinggul hingga lutut. Dengan otot-otot itu, kita bisa meluruskan atau menekukkan kaki. Maka penting sekali melakukan stretching untuk melemaskan ketegangan otot. Selain terasa nyaman, stretching juga akan membantu otot agar tetap lentur, yang penting untuk kesehatan punggung, pinggul, dan lutut.

Dilansir dari situs PopSugar, berikut adalah beberapa gerakan stretching yang bisa Anda lakukan:

1. Tipover Tuck Hamstring Stretch

Tipover-Tuck-Hamstring-Stretch


Stretching ini baik untuk otot paha dan juga melemaskan otot bahu Anda. Lakukan stretching dengan berdiri, dan beri jarak diantara kedua kaki. Letakkan kedua tangan ke arah belakang dalam posisi menggenggam. Kemudian bungkukkan badan hingga posisi dagu sejajar dengan lutut. Lemaskan otot leher Anda, dan bila peregangan terasa terlalu kuat, maka lepaskan genggaman tangan dan letakkan pada bagian belakang paha dan lemaskan lutut. Tahan selama 30 detik, lalu perlahan kembali ke posisi berdiri.

2. Scissor Hamstring Stretch

Scissor-Hamstring-Stretch

Peregangan ini mudah dilakukan di mana saja dan bebas dari risiko cedera punggung. Peregangan ini pas sekali dilakukan saat otot paha terasa kencang atau kaku.
Berdirilah dengan posisi kaki sejajar. Lalu mundurkan kaki kanan Anda sejauh kurang lebih 60 sentimeter dan bungkukkan badan ke arah depan dan rentangkan kedua tangan hingga menyentuh lantai. Kedua kaki dan punggung dalam posisi lurus ya, Mams. Lakukan selama 30 detik, lalu ganti posisi kaki.

3. Standing Hamstring Stretch

Standing-Hamstring-Stretch

Bila gerakan sebelumnya belum juga ampuh meregangkan otot paha yang kaku, maka cobalah gerakan ini. Gerakan ini juga sangat cocok bagi Anda yang baru saja berolahraga lari.  Dengan menggunakan kursi atau sofa yang sedikit lebih rendah dari tinggi pinggul Anda, berdirilah menghadap kursi, letakkan salah satu kaki di atas kursi tadi dalam posisi kaki lurus. Lalu letakkan kedua tangan dalam posisi saling bertumpu di atas lutut kaki yang Anda letakkan di atas kursi tadi. Lakukan selama 30 detik kemudian tukar posisi kaki.

4. Modified Hurdler Stretch

Modified-Hurdler-Stretch

Basic stretch ini juga sempurna meregangkan otot paha Anda yang kaku. Duduklah di lantai, lalu luruskan kedua kaki Anda. Tekuk kaki kanan seperti pada posisi bersila, hingga telapak kaki menyentuh paha kiri bagian dalam. Letakkan tangan kanan di atas paha kanan, dan tangan kiri di ujung kaki sebelah kiri. Lakukan selama 30 menit, lalu tukar posisi kaki.

5. Forward Bend With Rounded Back

Forward-Bend-Rounded-Back

Target stretching ini adalah untuk meregangkan kedua otot paha dan punggung bagian bawah.
Duduklah dengan posisi kaki diluruskan, lalu bungkukkan badan hingga Anda bisa mencium lutut. Lakukan ini dengan posisi kedua tangan memegang ujung kaki Anda. Lakukan selama 30 detik dan kembali dalam posisi duduk.

6. Reclined Hamstring Stretch

Reclined-Hamstring-Stretch

Berbaringlah dalam posisi telentang. Lalu angkat kaki kiri setinggi yang Anda bisa dan pastikan panggul Anda rata dengan lantai. Tahan paha bawah dan dorong kaki ke arah kepala Anda. Selain melenturkan kaki bagian paha, gerakan ini juga dapat meregangkan otot betis Anda. Lakukan selama 30 detik, lalu ganti posisi kaki. Selamat mencoba, Mams! (Tammy Febriani/LD/Photo: Dok. PopSugar)

Shares