Mind

Q&A: Cara Menjadi Ibu yang Bahagia

By  | 

Q: Seringkali saya merasa iri saat melihat seorang mama yang selalu tampak bahagia walau selalu sibuk mengasuh anak-anaknya. Sedangkan saya sendiri, yang ada hanya rasa lelah dan stres menghadapi anak-anak di rumah. Bagaimana ya, supaya saya juga bisa lebih bahagia saat bersama anak-anak?

Karina, 30 tahun, mama dari Anaya, 4 tahun, dan Andra, 2 tahun

A: Mengasuh balita memang membutuhkan kesabaran dan energi ekstra. HIngga tak jarang, para mama seringkali merasa kelelahan dan tertekan. Anda yang seharusnya merasa bahagia saat dekat dengan anak, malah jadi sebaliknya. Tak perlu iri lagi, Mams. Berikut ini Smart Mama bagikan rahasia untuk selalu jadi happy moms.

  1. Tidak segan untuk minta tolong. Happy mothers tidak pernah segan meminta tolong pada keluarga atau para sahabatnya saat ia memang membutuhkannya. Sementara para mama yang enggan meminta bantuan orang lain, akan melewatkan waktu kencan bersama suami tersayang karena tak ada pengasuh Si Kecil sementara ia pergi.  Anda juga perlu waktu untuk ‘istirahat’ sebentar lho, Mams. Dengan Anda meninggalkan Si Kecil sesaat saja untuk menyenangkan hati Anda, Anda akan segera kembali ke rumah dengan mood positif yang akan membuat Anda lebih bahagia saat bersama Si Kecil.
  2. Ke luar rumah. Apakah hari ini Anda sudah ke luar rumah? Udara segar, sinar matahari, dan alam dipercaya dapat memengaruhi mood lho, Mams. Dan Anda bisa mendapatkan ini sambil mendorong stroller Si Kecil berjalan-jalan di sekitar rumah atau playground. Saat Anda melihat ada mama lain yang terlihat happy, ajak ia berbincang. Selain menambah teman baru, aura positif bisa menular juga lho, Mams.
  3. Libur sejenak. Tak perlu susah-susah mengatur jadwal dan menabung untuk liburan yang jauh. Cukup lupakan sejenak pekerjaan rumah tangga. Bersenang-senanglah dengan bermain dan bermalas-malasan bersama Si Kecil tanpa melakukan kegiatan lain.
  4. Makan dan tidur cukup. Kurang tidur saat memiliki bayi adalah hal lazim. Jadi, cari cara bagaimana Anda bisa mendapatkan kesempatan tidur selama delapan jam, tentunya Anda akan lebih bugar dengan tidur cukup. Dan alih-alih mengonsumsi tiga gelas kopi, kenapa tidak makan sehat dengan mengonsumsi semangkuk oatmeal dan pisang? Tidur cukup dan konsumsi makanan sehat akan membuat Anda merasa lebih baik.
  5. Olahraga. Dengan berolahraga secara rutin, selain tubuh jadi bugar, Anda pun jadi tak mudah lelah lho, Mamas.
  6. Me time. Walau Tak bisa lama-lama meninggalkan Anak, tapi memanjakan diri sejenak untuk sekadar creambath di salon atau mencukupi tidur Anda yang kurang, bisa memperbaiki mood Anda. Anda bisa menitipkan sebentar Si Kecil kepada suami atau keluarga saat Anda melakukan ‘me time’ ini.
  7. Jaga silaturahmi. Berhubungan baik dengan tetangga sekitar rumah dan kerabat juga penting dilakukan. Mengirimkan kue-kue buatan sendiri ke tetangga, atau membantu kerabat saat membutuhkan bantuan akan mempererat silaturahmi. Dan lagi, bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan, Anda pun tak perlu segan meminta.
  8. Cintai apa yang Anda miliki. Jangan pernah membandingkan atau merasa tersaingi dengan orang lain. Happy mothers selalu mencintai dan mensyukuri apa yang dimiliki secara tulus, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
  9. Bertemu dengan sahabat. Dengan bertemu dengan sahabat, Anda bisa bertukar cerita tentang banyak hal, baik sedih, lelah, ataupun saat-saat yang membuat hati senang. Selain sebagai pelepas stres, Anda juga bisa melihat, bahwa bukan hanya Anda yang merasa lelah, ataupun sedih.
  10. Lakukan hal yang menyenangkan hati. Anda suka bunga? Daripada menunggu suami membelikannya, beli saja sendiri untuk menyenangkan diri Anda. Janjian dengan suami untuk makan siang bersama, atau pergi ke mal untuk membeli lipstik warna favorit yang hampir habis juga bisa jadi pilihan.
  11. Bermain dengan peraturan. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan sebagai Si Pembuat Aturan adalah dengan membuat peraturan menyenangkan bagi Anda dan Si Kecil. Misalnya, Si Adik yang berusia dua tahun boleh berendam di bathtub sambil bermain sejenak, asalkan ia mau mandi tepat waktu. Dan Si Kakak yang berusia empat tahun, boleh makan es krim saat weekend setelah ia rajin bangun pagi. Happy mothers dapat merubah peraturan jadi hal yang menyenangkan bagi Anak.
  12. Nikmati waktu eksklusif bersama anak. Ajak Si Kecil bersenang-senang bersama Anda dengan waktu yang terpisah. Itu akan membuat ia merasa lebih diperhatikan. Dan dengan memisahkan mereka sejenak untuk pergi berdua saja dengan Anda, Anda jadi tak perlu melihat mereka saling bertengkar atau bersaing. Menyenangkan bukan?
  13. Nikmati apa yang ada saat ini. Saat Anda sedang kelelahan dan stres, ingatlah bahwa semua keriuhan ini akan segera berlalu. Mendengar teriakan ataupun melihat lucunya Si Kecil saat mengenakan tutu tak akan  selamanya bisa Anda rasakan. Beberapa waktu ke depan, ia akan tumbuh lebih besar dan hal-hal seperti ini malah akan Anda rindukan.
  14. Memaafkan dan melupakan. Tentunya kita menginginkan kehidupan yang sempurna dengan menjadi ibu yang terbaik bagi anak-anak kita bukan? Namun kenyataannya, malah sebaliknya. Seringkali kehilangan kesabaran, tak konsisten dengan peraturan yang dibuat, hingga kadang membentak.  Tapi daripada buang-buang waktu dengan menghakimi diri sendiri, lebih baik habiskan waktu Anda untuk bersama Si Kecil. Lupakan yang telah lalu, dan maafkan diri Anda.
  15. Banyak tertawa. Anak-anak senang lho, melihat mamanya tertawa. Jadi jangan perlihatkan wajah murung dan lelah Anda di depan anak. Tapi tunjukkan keriaan Anda bersama mereka. Happy moms, happy kids!
  16. Berpelukan. Happy moms akan selalu memeluk anaknya kapan saja mereka memiliki kesempatan. Jadi, selagi Si Kecil masih mau Anda peluk dan cium, lakukanlah selagi bisa. Memasuki usia sekolah, kesempatan itu akan mulai jarang terjadi. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares