Mind

Tip Menyikapi Hal Menyebalkan Saat Hamil

By  | 

Perubahan hormon ketika hamil memang kadang menyebalkan ya, Mamas to be. Anda jadi lebih sensitif dan emosi ikut-ikutan berubah. Wajar jika Anda jadi gampang bete terhadap hal-hal tertentu yang dilakukan atau dikatakan orang lain terhadap Anda. Lalu apa saja hal tersebut dan bagaimana menyikapinya? Simak saran Smart Mama ini.

1.Memegang perut Anda. Seiring dengan membesarnya perut Anda, secara otomatis memang bisa menarik perhatian orang lain untuk menyentuh perut Anda. Sebetulnya, kalau yang memegang itu sahabat atau keluarga Anda, mungkin Anda tak akan terlalu risih. Tapi, jika ada wanita asing yang Anda temui di mal atau restoran yang tiba-tiba dengan asyik mengelus perut buncit Anda, Anda pasti kesal, kan?
Menyikapinya: Jika memungkinkan beli T-shirt dengan tulisan ‘Look but Don’t Touch’ dan pakai saat Anda akan ke luar rumah yang memungkinkan Anda bertemu dengan orang-orang seperti ini. Atau katakan saja padanya, Anda tak mau ada orang lain menyentuh wilayah pribadi Anda. Smart Mama yakin, ia mau mengerti kok.

2.Banyak bertanya ini itu.
Ketika Anda hamil, Anda memang akan bertemu banyak orang yang akan lebih mau tahu banyak hal tentang kehamilan yang Anda jalani, termasuk makanan yang Anda asup. Bahkan tak sedikit pula yang akan memberikan ‘saran gratis’ untuk Anda.
Menyikapinya: Tarik napas dalam-dalam dan jawab pertanyaan itu dengan santai ya, Mamas. Anda tak perlu marah karena ini menandakan bahwa kehamilan Anda menarik perhatian banyak orang yang peduli pada Anda. Justru Anda harus senang karena banyak yang sayang pada Anda dan bayi dalam kandungan.

3.Mengkritik pilihan nama bayi Anda.
Biasanya nama anak adalah pilihan yang disepakati setelah Anda dan pasangan berdiskusi, bahkan tak sedikit pula yang berargumen kan? Dan ketika Anda menceritakan pilihan nama Si Bayi kepada keluarga terdekat, mereka justru mengkritik nama itu. Kesal, sudah pasti dong.
Menyikapinya: Daripada buang energi untuk marah lalu hubungan Anda dengan keluarga malah jadi tidak enak, lebih baik tanggapi dengan senyuman. Pelajaran berharganya, jika Anda berencana punya anak lagi nanti simpan rapat saja nama itu untuk Anda dan suami.

4.’Menakuti’ Anda dengan cerita ‘horor’ persalinan.
Hmmm…yang satu ini kadang membuat penasaran ya, Mamas to be. Di satu sisi Anda ingin tahu bagaimana proses persalinan baik normal ataupun Caesar berlangsung. Tapi di sisi lain, cerita para mama lain kadang ada yang terkesan ‘menakut-nakuti’ Anda sehingga Anda malah jadi deg-degan sekali menunggu due date tiba.
Menyikapinya: Ketika Anda mendengar cerita dimulai, langsung saja Anda bilang terus terang bahwa Anda hanya ingin tahu secara singkat tanpa penjelasan sedetail mungkin. Kalau seandainya teman Anda ini masih terus saja ‘mengoceh’, langsung alihkan pembicaraan ke topik lain yang lebih umum. Misalnya dokter kandungan yang ia rekomendasikan untuk persalinan normal atau Caesar di rumah sakit tertentu berikut range harga dan kamar perawatannya. Informasi seperti ini tak kalah penting untuk Anda kan? (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares