Career

Q&A: Tip Menghindari Lembur

By  | 

Q: Saya seorang mama yang bekerja di sebuah perusahaan agency. Seringkali saya harus lembur karena cukup banyaknya klien perusahaan. Setidaknya saya lembur minimal 2-3 kali dalam seminggu. Rasanya letih sekali setibanya di rumah. Adakah kiat-kiat agar dapat bekerja tanpa lembur?

Desi, 31 tahun, mama dari Mika, 3 tahun

A: Bekerja di luar batas jam kantor, tidak selalu berarti itu karyawan teladan lho, Mams. Selain malah jadi tidak produktif dan dapat mengurangi waktu pribadi Anda, lembur justru bisa membuat Anda dinilai lamban menyelesaikan pekerjaan. Agar tak lagi perlu lembur, simak beberapa tip Smart Mama berikut.

  • Tentukan skala prioritas. Saat mengerjakan tugas kantor, sangat penting untuk membuat skala prioritas sebelumnya. Awali mengerjakan tugas cukup berat dan penting di pagi hari saat Anda masih fresh! Lalu lakukan tugas berikutnya sesuai prioritas.
  • Jangan menunda. Agar pekerjaan tidak menumpuk, datanglah ke kantor lebih awal. Selain masih fresh, kondisi ruang kerja yang masih sepi akan membuat Anda lebih fokus bekerja tanpa gangguan. Anda juga bisa memajukan deadline dari jadwal. Misalnya, jika deadline Anda hari Rabu, coba selesaikan pada hari Selasa.
  • Hindari gangguan. Banyak gangguan yang tanpa disadari sering memangkas waktu kerja Anda. Dari mengupdate status di media sosial, bergosip dengan rekan kerja, atau makan siang ke mal dekat kantor yang pasti butuh waktu lama. Saat Anda sibuk, hindari gangguan-gangguan ini. Saat rekan kerja mengajak, katakan padanya dengan halus untuk mereschedule makan siang di mal.
  • Istirahat cukup itu penting. Manfaatkan sebaik-baiknya waktu istirahat untuk menambah energi dan semangat bekerja. Setelah jam istirahat, segeralah kembali ke pekerjaan. Dengan cukup beristirahat, Anda dapat kembali bekerja dalam kondisi lebih fresh dan bersemangat lho, Mams. Bersosialisasi dengan rekan kerja bisa dilakukan setelah pekerjaan selesai atau setelah jam kantor kan, Mams?
  • Ciptakan suasana tenang. Bagi Anda, suasana bekerja di malam hari justru membuat Anda lebih tenang dan fokus dalam bekerja. Padahal, Anda tetap bisa kok menciptakan suasana tenang di siang hari. Anda bisa menggunakan earphone sambil mendengarkan musik favorit. Jadi Anda bisa lebih berkonsentrasi dan semangat bekerja. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares