Parenting

Perlukah Ulang Tahun Si Kecil Dirayakan?

By  | 

Pertanyaan tersebut seringkali dilontarkan para mamas, dan menurut para pakar psikologi anak, tentu saja harus dirayakan. Namun jangan salah mengerti ya Mams, dirayakan di sini bukan berarti harus pesta besar-besaran, tetapi hanya sebagai hari spesial yang mengingatkan Si Kecil bahwa usianya telah bertambah. Dengan merayakan hari ulang tahunnya tersebut, anak Anda akan merasa memiliki hari istimewa dan dihargai keberadaanya. Di hari ini yang terpenting adalah Anda dan keluarga mengucapkan selamat ulang tahun dengan cara kreatif misalnya bernyanyi bersama dan berdoa bagi Si Kecil.Yang juga kerap menjadi pertanyaan adalah apakah perlu mengadakan pesta dan bagaimana merayakannya? Yuk simak pembahasan berikut.

Perlukah Mengadakan Pesta?

Banyak mamas yang ingin merayakan pesta besar bagi Si Kecil apalagi saat ia ulang tahun pertama. Hal ini benar- benar kembali pada keinginan Anda dan keluarga Mams, namun saran Smart Mama, jika Si Kecil masih berusia satu tahun lebih baik Anda hanya merayakan bersama keluarga saja di rumah dengan pertimbangan:

  • Di usia tersebut Si Kecil masih belum mengerti makna ulang tahun dan tidak akan ingat saat ia dewasa nanti. Oleh karena itu, pesta ulang tahun tersebut tidak dapat ia nikmati melainkan hanya Anda dan pasangan yang menikmatinya.
  • Lebih baik dananya dialokasikan ke hal lain. Ada baiknya dana penyelenggaraan pesta dialokasikan untuk hal lain misalnya tabungan pendidikan atau untuk merayakan ulang tahunnya saat ia sudah mengerti nantinya.
  • Banyaknya tamu yang hadir justru membuat Si Kecil cranky. Anak berusia satu tahun akan merasa tidak nyaman dan insecure melihat tamu yang terlalu banyak serta pesta terlalu ramai.

Nah, jika Anda memiliki anak usia sekolah dan memiliki dana lebih ada baiknya Anda tanyakan apakah Si Kecil ingin dibuatkan pesta atau tidak, jika ia mau, baru kemudian Anda merencanakan pesta yang disesuaikan keinginan anak dan budgetnya.

Tip Pesta Ulang Tahun Si Kecil

Lalu bagaimana cara mengadakan pesta anak yang nyaman dan seru? Ini tipnya!

  • Pilih tempat yang nyaman bagi anak. Rumah atau playground dapat dijadikan pilihan untuk merayakan pesta ulang tahun yang fun.
  • Pilih tema yang disukai anak. Pada umumnya, anak-anak memiliki karakter kesukaannya masing-masing. Jadikan hal tersebut sebagai tema pesta sehingga Si Kecil lebih bersemangat.
  • Batasi jumlah undangan. Keluarga dan teman dekat Si Kecil sudah cukup untuk meramaikan acara pesta ulang tahunnya. Jika terlalu banyak undangan, ia malah merasa tidak nyaman lho Mams. 15-25 anak sudah cukup kok.
  • Perhatikan hidangan yang disediakan. Ada baiknya makanan untuk para tamu kecil adalah makanan netral yang disukai semua anak, sehat dan berisiko kecil terhadap alergi, contohnya sandwich, ayam goreng home made, atau pasta. Begitu juga dengan minuman, sediakan air putih dan jus segar, namun hindari soft drink.
  • Permainan seru. Yang satu ini sangat penting, rancang permainan seru sesuai dengan usia Si Kecil dan para tamu.
  • Charity. Selain bersenang-senang, ajari anak berbagi di hari bahagianya tersebut, misalnya dengan mengundang beberapa anak kurang mampu atau yatim piatu yang ada di sekitar Anda.
  • Goodie bag. Anak-anak selalu menantikan goodie bag untuk dibawa pulang, agar tidak repot, pilih goodie bag yang dapat digunakan baik anak laki-laki maupun perempuan, misalnya bantal berwarna netral atau makanan. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares