Career

Q&A: Trik Agar Kerja Lebih Bahagia

By  | 

Q: Saat ini saya merasa tidak bahagia dengan pekerjaan saya. Saya merasa tidak bersemangat berangkat ke kantor, dan merasa ‘kewalahan’ menghadapi pekerjaan yang menumpuk di atas meja. Padahal, posisi saya saat ini sudah sesuai impian saya. Saya tak mau berlarut-larut dengan kondisi seperti ini, apa yang harus saya lakukan?

Feni, 29 tahun, mama dari shafia, 3 tahun

A: Kadangkala perasaan seperti itu memang kerap muncul. Terutama saat pekerjaan menumpuk dan Anda mulai kelelahan. Coba beberapa trik dari Smart Mama berikut, agar Anda bisa kembali bahagia dalam bekerja.

  • Berangkat kerja lebih pagi. Awali aktivitas lebih awal dari biasanya. Selainjadi tidak terburu-buru, siapa tahu Anda juga tak perlu menghadapi kemacetan seperti biasanya. Berangkat kerja terburu-buru bisa memengaruhi mood Anda setiba di kantor nanti lho, Mams. Dan bad mood serta kelelahan karena terburu-buru akan memengaruhi produktivitas kerja Anda.
  • Fokus. Bila Anda merasa tidak bisa bekerja multitasking, lakukan saja satu hal dalam satu waktu. Buat to do list pekerjaan hari ini berdasarkan prioritas dan kerjakan pekerjaan yang paling tinggi urgenitasnya lebih dulu. Agar lebih fokus, matikan notifikasi e-mail yang kerap mengalihkan perhatian Anda.
  • Tak perlu segan minta bantuan. Saat menyadari kalau Anda tidak ahli dalam tugas yang diminta, jangan ragu bertanya pada rekan kerja yang ahli dalam bidang ini. Meminta bantuan teman merupakan cara tercepat untuk menyelesaikan masalah Anda. Setelahnya, praktikkan berulang kali hingga Anda menguasainya.
  • Work smart. Cari tahu waktu di mana Anda paling produktif, dan lakukan tugas tersulit di waktu tersebut. Lebih baik serius bekerja selama satu jam di pagi hari, daripada duduk berjam-jam di siang hari tanpa hasil bukan?
  • Positif mind. Ubah mindset untuk selalu happy menghadapi hari-hari Anda dengan merencanakan hal menyenangkan tiap hari, misalnya. Cara ini bisa mengalihkan perhatian Anda tentang hal-hal yang membuat sedih atau bad mood di kantor. Hang out sepulang kerja bersama sahabat, atau membeli lipstik keluaran terbaru untuk menyenangkan hati, mungkin? (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares