Health

Demi Bersalin Normal, Kim Kardashian Lakukan Prosedur ECV

By  | 

Kim Kardashian mengungkapkan, beberapa waktu lalu dirinya baru saja menjalani sebuah prosedur untuk mengubah posisi bayi dalam kandungannya yang sungsang guna menghindari proses persalinan Caesar.

Selama akhir pekan, bintang reality TV ini bersama Sang Suami, Kanye West, dan keluarganya berada di rumah sakit untuk melakukan ECV (External Cephalic Version). ECV adalah proses mengubah posisi bayi yang sungsang agar berada dalam posisi seharusnya. Hal ini biasanya dilakukan setelah usia kehamilan sekitar 37 minggu. Melalui situs pribadinya, kimkardashianwest.com, Kim mengatakan pada para penggemarnya bagaimana rasanya menjalani ECV. “Mereka tidak memberikan obat penghilang nyeri sedikitpun, dan rasanya sangat menyakitkan. Mungkin lebih menyakitkan daripada melahirkan. Tapi itu berhasil!!!” urai mama dari North West ini.

2EEC202200000578-3341535-Baby_drama_Kim_seen_here_getting_a_scan_on_Sunday_s_episode_of_K-m-18_1448994487476

“Saat ini bayi saya sudah berada pada posisi yang seharusnya. Dan rasanya sangat melegakan, saya tak lagi stres karena harus menghadapi persalinan Caesar. Mereka memberi saya obat agar rahim saya melemas, dan kemudian tiga orang dokter mulai ‘memutar’ posisi bayi saya. Prosedur ini sebenarnya cukup berisiko, saya bisa mengalami pecah ketuban, atau detak jantung bayi bisa melemah. Dan bila ini sampai terjadi, maka prosedur Caesar akan segera dilakukan. Dan kami sudah menyiapkan semuanya,” ujar Kim yang saat prosedur ini dilakukan, akan ditemani Kanye dan keluarganya di dalam ruangan.

The extended Kardashian-Jenner family attend church in Woodland Hills on Easter Sunday Featuring: Kanye West, Kim Kardashian, North West Where: Woodland Hills, California, United States When: 05 Apr 2015 Credit: WENN.com

Pada kehamilan pertamanya dengan Nori, 2 tahun, ia juga mengalami masalah dengan kehamilannya hingga harus melahirkan Nori, lima minggu lebih awal. Bagi Kim, kehamilan bukanlah hal menyenangkan. Bahkan ia pernah mengungkapkan kalau kehamilan merupakan pengalaman terburuk yang pernah ia rasakan di hidupnya dan tak mengerti kenapa para wanita bisa sangat menikmati masa kehamilan. Dan bulan lalu, Kim mengutarakan kalau ia telah mengalami kenaikan berat badan kurang lebih sebanyak 23,5 kilogram melalui akun twitter miliknya. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares