Education

Berkenalan dengan Sekolah Alam

By  | 
Anda tengah bingung menentukan sekolah yang tepat untuk Si Kecil? Mungkin sekolah dengan metode alam ini bisa jadi pilihan, Mams. Apa saja keuntungan bersekolah alam? Simak ulasan Smart Mama.
Saat ini banyak orangtua mengeluhkan sistem pendidikan di sekolah umum yang menggunakan kurikulum terlalu berat atau tidak sesuai usia. Tapi berbeda dengan sekolah alam, yaitu bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam semesta sebagai tempat belajar, bahan mengajar, dan juga sebagai objek pembelajaran. Bersekolah di sini, para murid  bisa belajar dari alam lingkungan sekitar dan menerapkannya dalam sehari-hari. Untuk bangunan sekolah alam, sesuai namanya, biasanya terbuat dari bahan yang ramah lingkungan seperti bambu dan kayu. Para murid biasanya duduk di lantai (lesehan) atau di kursi yang terbuat dari bambu atau kayu. Jalan setapak di sekitar tempat belajar pun biasanya menggunakan batu-batu kali dari alam.
Untuk kelas yang digunakan, tidak seperti sekolah pada umumnya yang tertutup, melainkan berupa ruang belajar terbuka. Dan, biasa saat belajar para murid lebih banyak melakukan kegiatan belajar di luar kelas.
Asyiknya bersekolah di alam terbuka juga adalah membuat para murid bisa menghirup udara segar sambil menikmati keindahan alam sekitar. Konsep belajar melalui pengalaman yang didapat langsung sambil bermain dan berinteraksi di alam terbuka ini jelas membuat anak tidak mudah bosan saat belajar. Konsep pendidikan alternatif di alam terbuka juga menjadikan para murid dan guru  lebih aktif, dan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.
Para siswa sekolah alam pun diajarkan dekat dengan alam, bercocok tanam, membudidayakan dan mendaur ulang hasil alam, mulai dari menanam tanaman sendiri, menuai hasilnya, memakan makanan organik dari kebun sendiri dan diajarkan cara mengolah atau memproduksi makanan itu sendiri menjadi sebuah bisnis.
Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui, para murid sekolah alam juga tidak mengenakan seragam sekolah sebagaimana murid sekolah lainnya. Seru, ya? (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares