Health

6 Cara Sederhana Terhindar dari Diabetes

By  | 

Tahukah Anda bahwa sebenarnya, hampir semua makanan mengandung gula, namun hanya kadarnya saja berbeda-beda? Beragam produk makanan serta minuman yang beredar di pasaran saat ini, bisa dibilang juga sarat kandungan gula. Tanpa disadari, bila tak berhati-hati gaya hidup Anda yang gemar mengonsumsi makanan dan minuman sarat gula ini bisa membawa Anda ke penyakit diabetes lho, Mams. Nah, agar terhindar dari risiko diabetes dengan beberapa cara sederhana berikut ini.

  1. Hindari makanan cepat saji. Sebuah studi di University of Minnesota melakukan penelitian selama 15 tahun terhadap 3.000 orang dengan usia 18-30 tahun. Orang yang gemar makan makanan cepat saji lebih terancam mengalami obesitas dan mengembangkan tingkat resistensi insulin hingga dua kali lipat. Selain itu, makanan cepat saji sarat akan lemak trans yang tidak sehat dan karbohidrat olahan, dapat membuat berat badan tidak stabil dan meningkatkan risiko diabetes.
  2. Perbanyak makan sayuran. Boleh saja menu Anda sehari-hari menyajikan rangkaian makanan sarat karbohidrat yang akan dipecah dalam tubuh menjadi gula bernama glukosa, tapi jangan lupa lengkapi dengan sayuran.  Menurut studi, mengonsumsi sayuran segar dengan dressing berbasis cuka seperti organic apple vinegar, diketahui dapat mengurangi kadar gula darah sebesar 42 persen.
  3. Olahraga. Aktivitas sehat ini diketahui dapat mencegah Anda terkena beragam penyakit, termasuk diabetes. Cukup setengah jam saja, Anda bisa mampir ke gym, atau berjalan-jalan sekitar rumah. Olahraga ini cukup ampuh kok, Mams, untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Jadi, rutinlah berolahraga ya, jangan hanya duduk lho.
  4. Matikan gadget. Sebelum tidur, simpan gadget Anda dan segera padamkan lampu. Karena, cahaya dari layar gadget Anda ternyata dapat memicu aktivitas tubuh hingga menimbulkan risiko kurang tidur yang akhirnya akan meningkatkan kemungkinan Anda terkena diabetes.
  5. Nasi lebih baik. Menggantikan nasi dengan kentang ternyata adalah kesalahan. Karena ternyata, kentang justru mengandung gula cukup tinggi. Mengonsumsi kentang secara rutin selama beberapa tahun justru hanya akan menaikkan berat badan Anda.
  6. Konsumsi kacang-kacangan. Walaupun tinggi lemak, namun menurut penelitian, kacang-kacangan seperti pistachio dan juga almond dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Dengan sering mengonsumsinya, Anda justru bisa mengurangi angka pada timbangan. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com).

Shares