Beauty & Style

Percantik Wajah dengan Masker Buah Buatan Sendiri  

By  | 

Hamil bukan jadi alasan untuk kemudian malas mempercantik diri ya, Mams to be. Memang sih, banyak produk kecantikan dengan bahan kimia yang berisiko buruk bagi janin. Namun bukan berarti kemudian Anda jadi tidak merawat diri kan? Anda tetap bisa kok merawat kulit wajah dengan bahan alami yang dibuat sendiri, seperti masker buah misalnya. Dan beberapa buah-buahan berikut ini bisa Anda olah sendiri menjadi masker lho, Mams.

  1. Alpukat. Masker alpukat cocok bagi Anda yang berkulit kering hingga normal. Lemak nabati pada alpukat akan menutrisi, melembapkan, sekaligus menghaluskan kulit. Hancurkan beberapa sendok makan daging buah alpukat lalu campurkan dengan sesendok makan madu. Gunakan sebagai masker untuk kulit lebih sehat dan segar.
  2. Stroberi. Bermanfaat untuk mengatasi kulit kusam. Zat asam yang terkandung pada buah ini bisa membantu mengecilkan pori dan mencerahkan kulit wajah. Selain itu, stroberi juga dikenal sebagai buah kaya antioksidan untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Cukup lumatkan buah ini dan tambahkan dengan plain yoghurt atau madu ke dalamnya. Gunakan sebagai masker dan biarkan selama 30 menit. Penggunakan masker seminggu sekali secara rutin bisa membantu memutihkan wajah secara alami lho, Mams.
  3. Lemon. Seringkali digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Lemon bagus untuk mengeksfoliasi kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mengontrol minyak berlebih. Lemon juga mengandung zat asam alami yang dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah. Cukup ambil seiris lemon lalu balurkan ke seluruh wajah, diamkan beberapa saat. Lemon juga bisa dikombinasikan dengan plain yoghurt atau madu untuk hasil lebih optimal.
  4. Tomat. Kombinasi masker tomat dan madu sangat ampuh menghilangkan komedo, jerawat, menyamarkan vlek hitam, mencerahkan, serta memutihkan wajah. Cara membuatnya, ambil dua buah tomat segar, bersihkan, lalu diblender seperti membuat jus tomat. Tambahkan satu sendok makan madu, lalu aduk hingga merata. Oleskan ramuan tersebut pada seluruh wajah (hindari bagian mata, lubang hidung, dan mulut) dan biarkan selama 30 menit sampai masker mengering. Bilas wajah dengan air dan bersihkan sisa-sisa tomat yang masih menempel.
  5. Bengkoang. Masker ini memiliki banyak manfaat, diantaranya menghilangkan noda hitam bekas jerawat, menyegarkan kulit wajah, memutihkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit wajah, serta memberikan efek sejuk pada wajah. Caranya kupas bengkuang lalu cuci bersih. Kemudian belah bengkoang menjadi dua bagian, dan parut. Peras parutan bengkoang tersebut dan simpan air perasannya ke dalam mangkuk bening. Diamkan air perasan tersebut di dalam mangkuk sampai terdapat endapan berwarna putih. Setelah terdapat endapan, buang airnya dan ambil endapannya. Basuh wajah dengan air terlebih dulu agar bersih. Kemudian oleskan endapan bengkoang ke seluruh wajah dengan menggunakan kuas masker. Diamkan 10-15 menit atau sampai mengering sendiri. Setelah kering, bilas wajah dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin guna menutup pori-pori. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares