Interior Design

Mix and Match Furnitur untuk Interior Rumah

By  | 
Tak hanya penampilan yang bisa Anda mix and match, Mams, ruangan di dalam rumah pun perlu, lho. Furnitur memang menjadi bagian yang tak terpisahkan pada sebuah ruang. Beberapa furnitur jelas akan menjadi penunjang desain rumah Anda. Agar apik dan indah dipandang mata, sebaiknya Anda tidak salah memilih furnitur ya, Mams. Berikut tip Smart Mama.
1. Kombinasikan furnitur yang memiliki kesamaan tema. Dalam melakukan mix and match furnitur, Anda bisa menggabungkan beberapa furnitur kontemporer, klasik, atau etnik sekaligus, asalkan benda – benda tersebut memiliki satu kesamaan dalam hal karakter.  Misalnya, Anda bisa mengombinasikan meja kopi art deco bersebelahan dengan kabinet bergaya oriental. Beri sentuhan alam dengan meletakkan lukisan burung atau alam pedesaan dalam ruangan tersebut.
2. Pilih satu furnitur yang bisa menjadi pusat (center) di dalam ruang. Furnitur yang berfungsi sebagai center area sekaligus menjadi penyeimbang dari furnitur lainnya. Anda bisa memilih karya seni, semisal guci, kabinet antik, jam tua antik, atau sebuah lemari besar dengan warna dan ukuran cukup menonjol.
3. Tempatkan furnitur berbeda dengan ukuran sama. Pada sebuah ruangan dengan ukuran normal, mengombinasikan furnitur dengan berbagai macam bentuk akan menciptakan kesan menyatu dalam ruangan. Misalnya, kombinasi antara meja dan kursi dengan karakter dan tipe desain berbeda, lalu padukan dengan hiasan lampu unik untuk memberi kesan humble dan menyatu. Jika ruangan  Anda lebih luas,  tempatkan berbagai macam furnitur berukuran tinggi pula. Misalnya, meja berkaki cukup tinggi dan ramping, floor lamp, kabinet, dan lemari yang tinggi, sehingga mampu mengisi space atau dimensi vertikal pada ruangan tersebut.
4. Padukan furnitur yang memiliki kesamaan warna dan bahan. Agar mix and match terlihat selaras, Anda bisa pilih dari jenis material sama. Misalnya, Anda memilih furnitur plastik bervarian warna cerah dan berbeda. Agar terkesan lebih ‘hidup’ padukan dengan cat dinding berwarna putih. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares