Relationship

Agar Rumah Tangga Bebas Campur Tangan Mertua

By  | 

Menikah memang bukan hanya mengenai Anda dan pasangan, tetapi juga menyangkut keluarga besarnya, kan Mams? Oleh karena itu, menjaga hubungan baik dengan mertua adalah sebuah kewajiban. Tapi bagaimana caranya supaya mertua tidak ikut campur urusan rumah tangga Anda? Simak jawabannya di sini.

1. Terbuka dengan suami. Sebaiknya selalu diskusikan bersama mengenai segala hal yang yang membuat Anda tidak nyaman dengan keberadaan mertua. Misalnya, frekuensi kunjungan mertua yang terlalu sering sehingga membuat Anda tidak bebas dan ikut mengatur rules di rumah yang sudah Anda bentuk. Misalnya, mengatur jadwal anak tidur dan makan.

2. Saling membahagiakan pasangan. Biasanya para mertua sering ikut campur karena ia takut anaknya tidak bahagia bersama pasangannya. Nah, sebagai istri, tunjukkan bahwa Anda adalah istri yang baik. Juga, buatlah persetujuan dengan suami, apabila terjadi masalah berdua, sebisa mungkin diselesaikan sendiri tanpa campur tangan orang lain, terutama mertua Anda.

3. Kenali karakter mertua. Saat mertua mulai mencampuri urusan rumah tangga, sebaiknya pahami dulu karakter beliau. Apakah karena ia merasa kehilangan anaknya, merasa kesepian, kurang perhatian, atau karena memang ia tidak suka dengan perbuatan Anda? Tak ada salahnya Anda mencari tahu sedikit usaha untuk membuahkan hasil manis. Mungkin saja hal tersebut bisa lebih mendekatkan hubungan Anda.

4. Diskusi bersama. Jika mertua sudah terlalu jauh ikut campur urusan rumah tangga Anda, segera diskusi bersama membicarakan masalah tersebut. Beritahu hal yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Mertua tentu ingin jadi bagian dari keluarga Anda, oleh sebab itu, pembicaraan ini harus tetap berlangsung baik dan tidak bertujuan menyakiti hatinya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares