Interior Design

Tip Mendesain Rumah Ramah Lingkungan

By  | 
Membuat rumah  jadi nyaman dan indah pasti salah satu impian Anda, kan, Mams. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah desain interior yang eco friendly atau ramah lingkungan. Untuk itu, Anda bisa pertimbangkan prinsip berikut ini:
1. Hemat energi. Meminimalisasi penggunaan energi listrik maupun energi lain adalah konsep dari desain ini. Salah satunya, Anda bisa menghemat dari segi pencahayaan. Manfaatkan cahaya matahari pada siang hari, sebaiknya cahaya yang masuk dari luar tidak terhalangi tembok atau apapun sehingga pada siang hari tidak memerlukan penerangan dengan lampu listrik. Untuk mendapatkan pendingin udara yang alami bisa didapat dengan memanfaatkan udara luar yang masuk untuk mengganti udara dalam ruangan. Sirkulasi udara yang lancar dapat membuat ruangan lebih fresh meskipun tanpa menggunakan AC.
2. Gunakan rangka kayu. Menggunakan furnitur kayu adalah hal umum, namun yang sering menjadi masalah adalah ketika menggunakan jenis kayu yang langka.Gunakanlah jenis kayu yang bisa diremajakan seperti mahoni, jati Belanda, atau sengon.
3. Solusi ruang sempit. Dengan memaksimalkan luas ruang yang ada, maksimalkan agar ruang yang sempit
berkesan luas dan nyaman. Misalnya, dengan tidak terlalu banyak menaruh barang atau perabot.
4. Pilihan material. Tak ada salahnya memilih material yang mudah diperoleh di berbagai toko atau yang bisa Anda recycleulang. Anda bisa desain sesuai keinginan, dan tentunya pas dengan dana Anda! (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares