Relationship

Tip Atasi Rasa Cemburu Berlebihan

By  | 

Jujur saja ya, Mams, siapa yang tidak pernah merasa cemburu pada pasangannya? Ini memang hal yang sangat wajar terjadi dalam suatu hubungan. Rasa cemburu tidaklah selalu buruk, karena dengan Anda memiliki rasa cemburu, artinya Anda masih memiliki rasa cinta pada pasangan. Namun, tetap saja jangan berlebihan ya, Mams. Karena cemburu yang berlebihan akan membuat pasangan malah merasa tidak nyaman hingga dapat merusak keharmonisan rumah tangga. Jadi, ketika Anda merasa mulai merasakan adanya ‘api’ cemburu, cobalah melakukan beberapa hal ini.

  1. Jangan mudah terbawa emosi. Ketika merasa cemburu, sulit rasanya bagi Anda untuk berpikir logis. Akan tetapi, terbawa emosi cemburu justru hanya akan memperkeruh keadaan lho, Mams. Sebelum terjadi argumen dengan pasangan, sebaiknya cari tahu dulu apa alasan yang membuat Anda cemburu. Beritahu pasangan apa yang melatarbelakangi rasa cemburu, dan tetaplah tenang dan berpikiran terbuka selama membicarakan masalah dengannya.
  2. Hindari mengungkit masa lalu. Mengungkit masalah yang sudah terselesaikan saat berargumen dengan pasangan tidak akan menghilangkan rasa cemburu. Selalu mengungkit masa lalu juga menandakan Anda belum siap memaafkan dan kembali mempercayai pasangan. Saat membicarakan perasaan cemburu kepada pasangan, lebih baik fokus pada masalah yang belum terselesaikan.
  3. Harus ada rasa saling percaya. Cemburu dapat timbul karena rasa tidak percaya pada pasangan. Padahal untuk menjalin suatu hubungan yang langgeng, rasa saling percaya antara satu sama lain sangatlah penting. Dan lagi, pasangan juga akan merasa lebih dihargai ketika Anda percaya kepadanya.
  4. Memaafkan. Setiap orang dapat melakukan kesalahan, tidak terkecuali pasangan Anda. Beri ia kesempatan memperbaiki diri setiap kali ia melakukan sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman. Memaafkan pasangan juga dapat membantu proses membangun rasa percaya Anda kepadanya. Tapi tentunya perlu diingat juga kalau Anda pun memiliki batas kesabaran yang harus ia hormati. Jika ia sudah melanggarnya berulangkali, maka sudah saatnya Anda mengambil tindakan tegas.
  5. Kembali berkencan. Jarang menghabiskan waktu bersama juga bisa menimbulkan rasa cemburu. Tidak mengetahui apa saja kegiatan suami dan dengan siapa ia menghabiskan hari-harinya dapat menimbulkan rasa ‘tak aman’ di diri Anda. Selalu sempatkan diri untuk melakukan kegiatan yang dapat membangun koneksi dengan pasangan. Dengan menghabiskan waktu bersama, Anda berdua akan kembali dekat dan memahami satu sama lain.
  6. Jaga Cinta Anda. Apapun yang terjadi, jagalah perasaan cinta Anda kepada pasangan. Masalah akan selalu hadir, namun semua itu adalah ujian cinta Anda pada pasangan. Jika cinta Anda kuat, maka halangan sebesar apapun bisa terselesaikan. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Show more

Shares