Mind

Manfaat Me Time dengan Solo Traveling

By  | 

Pernahkah Anda berpikir untuk mencoba traveling sendirian tanpa Si Kecil dan suami? Pasti sebagian besar dari kita akan menggeleng, bukan? Padahal menghabiskan ‘me time’ dengan berjalan-jalan sendirian ternyata memiliki banyak manfaat lho. Jika Anda merasa enggan menyusun itinerary sendiri, coba untuk extend 1-2 hari ketika Anda mendapat kesempatan bisnis traveling ke luar kota atau luar negeri deh, Mamas. Memang apa saja sih keuntungan solo traveling ini untuk diri Anda, Mams? Simak ulasan Smart Mama.

1. Anda bisa lebih mengenal diri sendiri lebih jauh. Sendirian tanpa siapa pun yang Anda kenal selama lebih dari 24 jam akan membuat Anda lebih mengenal siapa diri Anda sesungguhnya. Anda hanya akan mendengarkan kata hati Anda sendiri dalam memutuskan segala hal yang terkait dengan rencana perjalanan Anda. Mulai dari memilih sarana transportasi, menu makanan, hotel, hingga tujuan wisata Anda selama di sana. Anda tak akan tergantung pada pilihan orang lain, termasuk anak dan suami untuk sementara waktu.

2. Berkenalan dengan orang baru. Ketika traveling dengan keluarga atau sahabat, Anda tentu akan berinteraksi dengan orang yang sama secara terus menerus. Nah, kala traveling seorang diri, Anda akan lebih bebas untuk berkenalan dengan orang asing, yang siapa tahu bisa jadi rekan bisnis Anda suatu hari. Tapi, hati-hati ya, Mams dan tetap percaya pada feeling Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman berbicara lama-lama dengan kenalan baru ini, tak usah dilanjutkan pertemanan tersebut, Sebaiknya jangan asal berkenalan dengan pria ya.

3. Mendapat banyak pengalaman baru. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Bepergian seorang diri jelas akan membawa banyak hal baru yang tak pernah diduga sebelumnya. Anda akan melihat betapa luasnya dunia ini dari berbagai sudut pandang, dengan melihat hal-hal baru yang sebelumnya tidak Anda ketahui.

4. Mengerti arti kebebasan. Ketika traveling seorang diri, Anda akan lebih mengerti arti kebebasan dan fleksibilitas. Ini karena Anda tak tergantung dengan rencana-rencana yang sudah dibuat sebelumnya. Anda bisa mengganti tujuan wisata Anda, kapan pun Anda mau. Semua ini bisa membantu Anda melepaskan diri dari stress lho, Mamas.

5. Membuang rasa takut. Jujur saja ya, Mamas, ada kalanya Anda takut sendirian kan. Nah, traveling seorang diri ternyata mampu menumbuhkan keberanian dalam diri Anda. Semakin sering Anda bepergian sendiri, semakin sedikit pula ketakutan yang Anda rasakan.

6. Meningkatkan rasa percaya diri. Ini jelas benar ya, Mams. Dengan bepergian seorang diri, Anda akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan. Misalnya, Anda mengalami masalah dalam perjalanan, maka Anda juga yang bisa mencari solusinya. Belajar memutuskan dalam waktu cepat dan tanpa bertanya pada orang lain ini mampu membuat kepercayaan diri menjadi lebih tinggi.n

7. Bebas pertengkaran. Akui saja ya, Mamas. Bepergian dengan orang lain sekalipun itu keluarga terdekat Anda, tentu kadang memicu pertengkaran ya. Banyak penyebabnya, mulai dari perbedaan keinginan makan di sebuah tempat hingga terlalu lama menunggu sehingga Anda terlambat sampai di lokasi wisata. Hal seperti ini tentu tidak ada saat traveling solo. No drama at all. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

Shares