Health

Pilihan Makanan untuk Balita yang Susah Makan

By  | 

Balita yang menutup mulut saat disuapi makanan atau hanya mau makan satu jenis makanan selama berhari-hari, mungkin bukan kisah baru bagi Anda ya, Mamas. Beberapa teman saya juga memiliki pengalaman seperti ini. Umumnya, kesulitan makan dialami setelah anak-anak menginjak usia satu tahun. Saat itu pertumbuhan anak melambat jika dibandingkan masa sebelumnya. Hal ini juga menurunkan selera makannya. Namun jangan patah semangat, Mams. Anda bisa membuat beberapa menu makanan berikut ini ya.

1. Variasikan menu makanan. Untuk mencegah Si Kecil bosan, jangan terus menerus Anda berikan menu makanan yang sama setiap hari. Misalnya, nasi goreng, mi goreng, dan lainnya. Jika Si Kecil susah makan nasi, Anda bisa berikan ia nasi berbentuk menarik. Misalnya, membentuk nasi serta lauk pauknya seperti wajah binatang atau apapun yang membuat suasana hati Si Kecil senang. Untuk mengganti nasi, Anda bisa berikan ia kentang goreng, ayam goreng, nugget sayuran, dan lainnya. Buatlah nugget berbentuk hati atau binatang. Cukup gunakan cetakan dan voila! Nugget berbentuk lucu siap disantap! Jika ingin lebih bervariasi, gunakan tusukan sate untuk membuat sate nugget!

2. Jika Si Kecil sudah bersekolah, dan Anda mendapati kotak makanannya tidak tersentuh sama sekali, jangan panik Mams. Mungkin saja Si Kecil lebih tertarik dengan makanan teman-temannya. Anda bisa buatkan kreasi roti kelinci yang unik. Membuatnya tidaklah sulit, Anda cukup membentuk alumunium foil seperti kelinci. Kemudian tempelkan alumunium foil yang sudah berbentuk kelinci, panggang hingga warna roti agak kecokelatan. Hasilnya, roti bergambar kelinci yang lucu! Roti ini dapat disajikan dengan selai stroberi ataupun cokelat yang lezat.

115145_rotianak1

3. Suasana nyaman jelas akan membuat Si Kecil bersemangat, Mams. Saat bepergian usahakan selalu membawa berbagai camilan selain makanan berat. Misalnya, puding roti yang disajikan dengan susu kental manis, atau bawakan ia sebotol juice buah buatan Anda.

4. Hindari terlalu sering memberikan junkfood atau makanan siap saji, hanya untuk menuruti kemauan Si Kecil. Alihkan dengan membuat makanan serupa hasil buatan Anda sendiri yang lebih terjamin kesehatannya. Misalnya homemade burger atau french fries.

Lunch menu with classic american cheese burger, french fries and vegetable salad

Nah, agar Si Kecil lebih nafsu makan, Anda juga bisa menerapkan tip ini:

1. Berikan pujian. Jika Si Kecil mampu menghabiskan makanannya, jangan segan memberinya pujian ya Mams.
2. Air putih. Saat makan berikan Si Kecil air putih sebagai minumannya. Hindari memberikan susu sebelum jam makan karena dikhawatirkan ia lebih cepat merasa kenyang.
3. Berikan camilan. Usahakan memberikan camilan pada jam-jam tertentu, yaitu pukul 10.00 dan 15.00. Camilan yang kaya gizi juga dapat menambah bobot Si Kecil.
4. Tak terburu-buru. Suasana saat anak makan haruslah menyenangkan, dan tidak terburu-buru. Pemberian makanan dengan terburu-buru tidak hanya berisiko membuat Si Kecil tersedak, tetapi juga bisa membuatnya kesal. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares