Health

Pamela Anderson : Sembuh, Setelah 14 Tahun Sakit Hepatitis C

By  | 

Aktris dan model seksi yang terkenal lewat serial lawas Baywatch, Pamela Anderson dinyatakan sembuh total dari hepatitis C, penyakit yang ‘hidup’ dengannya sejak 14 tahun lalu. Wanita berdarah Kanada-Amerika ini, didiagnosa menderita hepatitis C sejak tahun 2001, ketika ia masih menjadi istri dari drummer kenamaan, Tommy Lee. Pada Juli 2001 silam, Pamela mengaku kepada Larry King dari CNN bahwa ia tertular virus hepatitis C setelah memakai jarum suntik yang sama dengan mantan suaminya itu, untuk membuat tato.

Hepatitis C adalah infeksi yang menyerang organ hati sehingga dikenal juga sebagai penyakit radang hati dan disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Penyakit ini seringkali tak memberikan gejala, namun infeksi kronis dapat menyebabkan parut (eskar) pada hati, dan setelah menahun menyebabkan sirosis. Dalam beberapa kasus, orang yang sirosis juga mengalami gagal hati, kanker hati, atau pembuluh yang sangat membengkak di esofagus dan lambung, yang dapat mengakibatkan perdarahan hingga kematian.

Dalam Instagramnya, @pamelaanderson, beberapa hari lalu, ia mengatakan “Saya sudah sembuh!!! Saya baru saja mengetahuinya. Saya berdoa, untuk siapa saja yang hidup dengan hepatitis C bisa mendapatkan pengobatan yang berkualitas dan bagus. Obat yang saya minum akan tersedia lebih banyak dalam waktu dekat. Saya tahu bahwa pengobatannya sulit, namun tetaplah #jangankehilanganharapan.”

Kesembuhan wanita yang masih terlihat ‘hot’ di usianya yang menginjak 48 tahun ini adalah berkat obat hepatitis C baru yang diperbolehkan masuk oleh FDA (Food and Drug Administration/Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) pada awal tahun lalu. Pamela sendiri baru mulai rutin mengonsumsi obat tersebut sejak musim Summer tahun ini.

“Saya tidak mengalami kerusakan liver dan tidak ada efek samping negatif dari obat ini. Saya merasa diberkati bisa mendapatkan obat manjur ini. Saya sudah melalui pengobatan sejauh ini dan seharusnya pada 1 November, saya sudah 98 persen sembuh,” ujar Pamela dalam sebuah wawancara dengan majalah People, pada Agustus lalu. Pernyataannya memang benar karena kini wanita kelahiran 1 Juli, 1967 itu sudah sembuh total. Semua ‘awan gelap’ yang membayangi dirinya telah berlalu. “Walau saya terlihat percaya diri dan  kuat dari luar, namun tetap saja penyakit ini pernah ‘menghantui’ hidup saya,” tutupnya. (Lenny Delima/Photo: Various)

Shares