Health

Makanan Alternatif Pengganti Gula untuk Si Kecil

By  | 
Rasa manis merupakan rasa yang disukai hampir oleh semua orang, terutama balita. Tapi, rasa manis yang dihasilkan dari gula yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit lho, Mamas. Mulai dari sakit gigi, obesitas, diabetes, hingga kanker. Oleh karena itu, konsumsi gula pada anak harus benar-benar diperhatikan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah mengganti gula dengan bahan alternatif yang lebih menyehatkan. Ada beberapa bahan alternatif yang dapat menggantikan manisnya gula. Sebab biar bagaimanapun jika Si Kecil terlalu banyak mengonsumsi makanan manis tidak baik untuk kesehatannya, bukan? Berikut beberapa jenis makanan dengan rasa manis lebih alami yang bisa Anda berikan pada Si Buah Hati.
Buah-buahan. Buah memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik bagi pencernaan. Kandungan serat tinggi pada buah juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Anda bisa mengolah buah dengan mencampurkannya dengan sereal gandum atau bubur gandum. Buah yang cocok untuk dicampur dengan sereal adalah pisang ambon, stroberi, atau cranberi.
Yogurt. Siapa sih yang tidak suka makan es krim atau jelly yang banyak mengandung gula? Jelas Si Kecil menyukainya. Agar es krim dan jelly tidak terlalu banyak mengandung gula, Anda bisa membuat sendiri makanan ini di rumah dan pastikan batasi penggunaan gula di dalamnya. Untuk mendapatkan es krim dan jelly yang enak serta disukai anak, gunakan yogurt sebagai bahan utamanya. Yogurt banyak mengandung kalsium dan vitamin D yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu yogurt juga mengandung probiotik yang dapat membantu kerja sistem pencernaan dan memperkuat kekebalan tubuh.
Minuman bebas gula. Minum air putih yang cukup setiap harinya adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan untuk Si Kecil. Untuk minuman yang lebih sehat, Anda bisa berikan Si Kecil susu rendah lemak. Minuman manis juga bisa di dapat dari jus buah murni ataupun minuman hangat seperti teh dengan pemanis tambahan dari madu. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares