Health

Bolehkah Calon Mama Minum Alkohol?

By  | 

Beberapa minggu ke depan, Anda mungkin akan menerima undangan pesta akhir tahun dari kerabat, sahabat, atau mungkin rekan bisnis Anda. Biasanya, di malam pergantian tahun ini Anda mungkin akan minum sedikit wine atau sampanye untuk menyambut tahun baru. Tapi, kondisi Anda tahun ini berbeda dengan tahun lalu, karena di rahim Anda kini sudah ada calon bayi. Lalu apakah saya masih boleh minum alkohol? Pertanyaan ini pasti ada dalam tiap benak calon mama. Dan, secara umum jawaban yang sudah sering Anda dengar adalah tidak. Tapi sebetulnya, apakah Anda sama sekali tak boleh lagi minum alkohol atau Anda masih bisa ‘icip-icip’? Yuk, simak pembahasan Smart Mama.

Para ahli kesehatan dari American College of Obatetricians and Gynecologists dan American Academy of Pediatrics sepakat menyarankan para calon mama, bahkan yang baru berniat program hamil, untuk ‘menjauhi’ alkohol sama sekali. Alasannya, begitu alkohol ini masuk ke tubuh Anda melalui pembuluh darah, lalu menyentuh plasenta dan ‘diminum’ oleh Si Janin. Konsumsi alkohol di awal kehamilan juga meningkatkan risiko Anda mengalami keguguran dan kematian janin di dalam rahim.

Sebuah penelitian menyebutkan, seorang wanita hamil yang minum alkohol seminggu sekali akan melahirkan bayi yang cenderung agresif dan berperilaku yang ‘nakal’. Sedangkan wanita hamil yang minum alkohol lima kali dalam seminggu akan meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat badan rendah atau bayi dengan keterlambatan perkembangan bicara, berbahasa, hingga keterlambatan perkembangan mental. Janin yang dikandung dari seorang calon mama yang alkoholik ini akan mengalami kondisi yang dikatakan para ahli sebagai Fetal Alcohol Spectrum Disorders (FASD). Ciri bayi dengan FASD tentu saja memiliki fisik yang tak normal seperti ukuran kepala dan otak yang lebih kecil, demikian juga ukuran organ penting lain seperti jantung, tulang belakang, dan kecacatan fisik lainnya.

Nah, kini Anda sudah tahu betapa ‘jahatnya’ alkohol bagi Si Janin bukan? Anda harus berhati-hati terhadap berbagai jenis minuman yang ‘asing’ buat Anda. Sekalipun misalnya, di dalam kemasannya ditulis alcohol free, tetap saja lebih baik Anda minum minuman sehat yang dianjurkan untuk ibu hamil saja ya, Mamas to be (baca : 6 Jenis Minuman Sehat untuk Calon Mama dan Ragam Pilihan Jus untuk Ibu Hamil (Plus Manfaatnya)). (Lenny Delima/Photo:Dok. Smart Mama/Rici Linde, Model:Naila Alatas )

Shares