Mind

Me Time dengan Tidur Berkualitas

By  | 

Seperti yang kita ketahui, calon mama juga perlu ‘me time’. Salah satu ‘me time’ yang bisa dilakukan, terutama saat trimester akhir kehamilan, adalah tidur. Ya, akibat meningkatnya progesteron dalam tubuh, Anda jadi mudah lelah dan mengantuk. Jadi tidur adalah cara beristirahat sekaligus ‘me time’ yang paling tepat.
 
Namun saat janin mulai membesar, tentunya Anda pun akan semakin sulit mencari posisi yang cukup nyaman saat tidur, akibatnya tidur pun menjadi tidak nyenyak atau kurang berkualitas. Selain itu banyak faktor penyebab lain yang membuat wanita hamil sulit tidur lelap. Tapi Smart Mama berikan solusinya untuk Mamas to be.

  • Sering buang air kecil. Saat tertidur pulas, seringkali Anda harus terbangun karena ingin buang air kecil. Hal ini terjadi karena volume darah meningkat 50 persen selama hamil, yang memengaruhi meningkatnya jumlah buang air kecil juga sebanyak 50 persen. Jadi, sebaiknya kurangi asupan cairan selama beberapa jam sebelum  pergi tidur, dengan syarat, di siang hari, Anda sudah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Redupkan lampu kamar untuk tidur lebih nyenyak.
  • Payudara bengkak. Saat hamil, payudara menjadi bengkak dan terasa kencang karena peningkatan hormon dan aliran darah. Maka, tidurlah dalam posisi miring yang juga merupakan posisi optimal untuk bayi. Gunakan bra dengan ukuran pas, bra khusus tidur, atau sport bra akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Peluklah bantal khusus ibu hamil untuk melindungi payudara yang sakit.
  • Heartburn. Merasakan heartburn saat tidur sangatlah tidak nyaman. Untuk menghindarinya, santaplah makan malam lebih awal, karena menyantap makan malam yang berat sebelum tidur akan membuat tubuh terasa panas. Taruh bantal tambahan untuk menyangga kepala lebih tinggi juga bisa jadi pilihan. Begitu pula dengan mengonsumsi kalsium karbonat yang aman selama kehamilan. Namun bila heartburn masih juga mengganggu, segera konsultasikan pada dokter ya, Mams.
  • Kram kaki. Kram kaki atau kejang otot bisa menyerang kapan saja, termasuk ketika Anda tidur. Maka, hindari berdiri atau duduk dengan kaki disilangkan dalam waktu lama. Regangkan otot betis Anda secara teratur, putar pergelangan kaki dan goyangkan jari-jari kaki ketika duduk, makan malam, atau menonton tv. Berjalan-jalan setiap hari, rutin minum air putih, dan mandi air hangat juga efektif mengendurkan otot Anda.
  • Banyak pikiran. Banyak kekhawatiran yang mendera para calon mama sehingga menjadikannya sulit tidur. Rasa cemas menghadapi persalinan yang semakin dekat juga kerap jadi alasan. Cobalah menulis perasaan Anda dalam jurnal, lalu pikirkan apa ide solusinya. Senam hamil juga bisa menenangkan pikiran lho, Mams. Bertemu dengan sesama calon mama dan bertukar pikiran merupakan salah satu solusi  paling tepat. Sebelum  tidur, Anda juga bisa berendam air hangat terlebih dahulu, minum segelas susu hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, atau melakukan relaksasi. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares