Education

8 Pilihan Website Edukatif untuk Si Kecil

By  | 

Di era digital saat ini anak-anak sangat familiar dengan gadget seperti laptop, PC, maupun tablet, bukan? Banyak mamas yang heran betapa cepatnya anak-anak menguasai cara kerja gadget padahal tidak diajari terlebih dahulu. Nah agar Si Kecil tak hanya sekadar bermain dengan gadget Anda, sebaiknya arahkan ia untuk membuka website edukatif pilihan Smart Mama berikut ya. Namun jangan lupa tetap dampingi Si Kecil saat membukanya serta batasi waktu penggunaannya guna melindungi kesehatan mata serta menghindari ia menjadi addict dengan gadget.

  1. National Geographic Kids. Anda tentu bingung ya Mams jika ditanya apa makanan anjing laut atau ada berapa jenis ikan hiu. Nah melalui website satu ini Si Kecil diajak  bertualang menyaksikan video kehidupan berbagai jenis hewan, mulai dari mamalia, reptil hingga unggas. Website ini juga memberikan penjelasan cukup detail seputar kehidupan satwa liar. Tak hanya Si Kecil, Anda sendiri dapat menikmati ilmu pengetahuan dari website ini.
  2. Curious World. Website ini sangat cocok bagi Si Kecil yang baru akan masuk Taman Kanak-Kanak. Dalam website yang didesain oleh perusahaan penerbit ternama Houghton Mifflin Harcourt tersebut, toddler Anda bisa mempelajari dasar berhitung dan huruf juga social skill. Website ini juga menyediakan flashcards yang dapat dipilih sesuai usia anak dan subjek yang Anda inginkan.
  3. Spatulatta. Website satu ini pasti seru bagi Si Kecil yang tertarik memasak, karena di sini ia akan diajari dasar-dasar memasak sekaligus mencoba resep berdasarkan bahan makanan kesukaannya. Dan ternyata website ini dapat membantu mengatasi anak picky eater karena di website ini makanan sehat pun dikemas dalam bentuk resep lezat.
  4. Disney Junior. Website satu ini juga sarat ilmu pengetahuan serta menggali kreativitas anak seperti coloring dan cara membuat pita Minnie Mouse misalnya serta puzzle. Yang membuat Si Kecil tambah bersemangat adalah kehadiran tokoh kartun favorit mereka seperti Mickey Mouse, Sofia The First, atau Goofy. Website ini juga mengajarkan basic berhitung, membaca, dan sosialisasi misalnya bagaimana cara berteman.
  5. ABCMouseWebsite ini ditujukan bagi anak berusia 2-7 tahun. Dengan mengakses situs ini, Si Kecil dapat mendengarkan musik atau buku bagi anak yang belum bisa membaca. Website ini juga memiliki berbagai permainan edukatif yang didesain guru dan para ahli. Anda juga dapat melihat progres pengetahuan Si Kecil melalui level yang diberikan dalam setiap permainan.
  6. Fun Brain. Kabarnya, website satu ini digemari oleh anak usia preschool hingga junior high school. Di sini anak Anda diajak untuk mengembangkan kemampuan matematika, membaca, serta literatur dengan cara fun seperti permainan Math Baseball atau Grammar Gorillaz. Seru ya Mams.
  7. Brain POPWebsite ini juga cukup unik dan menarik untuk diperkenalkan pada Si Kecil lho Mams. Dalam website ini, anak Anda akan belajar tentang sejarah, sains, bahkan tentang bursa saham. Tentu saja dengan cara yang dapat diterima anak-anak ya. Website ini juga dapat digunakan oleh guru saat mengajar di kelas.
  8. Far Faria. Jika Anda bosan membacakan dongeng yang itu-itu saja untuk Si Kecil sampai-sampai ia juga sudah hafal dengan cerita Anda. Coba saja Anda membuka website ini dan berlangganan aneka cerita dongeng yang edukatif sekaligus mengajari anak memahami nilai-nilai kehidupan. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares