Parenting

Yuk Latih Kesabaran Anak!

By  | 

Anak-anak memang kerap tidak sabaran jika menginginkan sesuatu, apalagi di usia balita. Ia kerap memaksa Anda melakukan hal yang diinginkan saat itu juga, dan pantang menunggu. Jika Anda tidak memenuhinya, umumnya mereka menjadi tantrum. Namun tentu saja Anda tidak bisa membiarkan sifat tersebut hingga ia dewasa nanti, bukan? Oleh karena itu, ada baiknya Anda melatih kesabaran pada Si Kecil sejak dini ya Mams. Lakukan dengan cara ini:

  • Menjadi role model. Dalam mengajarkan apapun pada anak, cara terampuh adalah dengan menjadikan diri Anda dan pasangan sebagai panutan atau contoh. Hilangkan kebiasaan mengumpat atau marah-marah pada siapapun yang membuat Anda kesal. Tanpa disadari Si Kecil akan meniru tingkah laku Anda lho. Ingatkan juga pasangan untuk tidak melakukan hal tersebut. Karena cara apapun tidak akan berhasil jika Anda tidak mencontohkan sikap sabar padanya.
  • Jelaskan makna sabar padanya. Hal ini bisa Anda lakukan lewat cerita atau tontonan. Saat bedtime story, coba ceritakan bahwa anak yang sabar justru akan mendapatkan sesuatu yang lebih baik. Kisah tersebut akan tertanam dalam benak Si Kecil.
  • Tunda keinginannya. Saat ia memaksa Anda melakukan sesuatu saat itu juga, tunda saja keinginannya agar ia belajar bersabar. Ketika ia sudah diam dan menunggu dengan sabar baru Anda penuhi keinginannya.
  • Latih ia menunggu dan antre. Saat di tempat umum, latihlah ia untuk antre misalnya antre kasir atau antre membeli makanan. Pada saat akan beraktivitas misalnya sekolah, datang saja lebih awal agar ia terbiasa menunggu. Selama menanti jam masuk sekolah, ajak ia melakukan aktivitas yang menarik contohnya menyanyi atau membaca buku. Hal ini akan melatihnya untuk mengatur kesabarannya dengan alternatif lain.
  • Yoga. Menurut penelitian, melakukan yoga juga dapat melatih kesabaran anak. Nah tak ada salahnya Anda dan Si Kecil ikuti kelas yoga bersama. Selain melatih kesabaran bersama, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesehatan sekaligus quality time bersama Si Kecil. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares