Education

Keuntungan Pilih Day Care

By  | 
Banyak alasan membuat para orangtua harus memutuskan menitipkan anak di day care. Ada yang tak percaya dengan pola pengasuhan baby sitter atau pembantu, ada juga yang ingin leluasa menjenguk anak setiap saat karena day care dekat dengan kantor. Apakah Anda salah satunya, Mams? Namun ada sebagian orangtua yang masih ragu menitipkan buah hatinya di sana. Sebelum memutuskan menitipkan anak di day care, simak beberapa keuntungan yang umumnya ditawarkan ya, Mams.
1. Aktivitas. Saat di day care, Anda tak perlu khawatir dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan di sana. Anak biasanya mendapat jadwal kegiatan sesuai kebutuhan dan usia. Misalnya saja pada pukul 08.00 atau 09.00, bayi akan diajak berjemur di luar ruang. Sementara di saat yang sama, para balita akan mendapat sarapan pagi.
2. Menu sehat. Makanan yang disediakan pada jasa penitipan anak biasanya tak hanya bervariasi, tapi juga memiliki perhitungan nutrisi dan kesehatan. Pemberian makan pun sesuai jadwal, yaitu tiga kali sehari ditambah camilan dan buah-buahan segar. Di beberapa tempat, orangtua bahkan berkesempatan memilih menu untuk buah hatinya.
3. Pengasuh. Para pengasuh di day care pada umumnya berkemampuan menjadi teman bermain yang cerdas untuk Si Kecil. Di beberapa day care, pengasuh bahkan mendapat bimbingan psikolog dan pelatihan profesional. Itulah salah satu pertimbangan para orangtua lebih mempercayakan anak di daycare daripada babysitter atau pembantu di rumah.
4. Belajar mandiri. Pada umumnya di day care anak diberi pelajaran tentang kemandirian. Misalnya, mencuci tangan, menyikat gigi, dan makan di meja makan.
 
5. Fleksibel. Menitipkan anak di day care bukan suatu ikatan. Beberapa day care menawakan program sesuai kebutuhan seperti harian, mingguan, atau bulanan. Tarifnya bervariasi tergantung fasilitas. Untuk harga kisarannya Rp 80.000-Rp 180.000 per hari. Ada pula yang sampai Rp 2,5 juta per bulan. (Yosi Avianti/LD/ Photo: Istockphoto.com)

Shares