Health

Trik Supaya Si Kecil Tidak Jajan Sembarangan

By  | 

Seperti yang kita sama-sama ketahui, di luar sana ada banyak penjual jajanan yang mungkin saja tidak kualitas dan kebersihannya tidak terjamin. Sayangnya, Si Kecil belum mengerti hal tersebut. Buatnya, asalkan rasanya enak dan warnanya menarik, pasti dirinya suka. Padahal jajanan tersebut sangat tidak baik untuk kesehatannya. Lantas, bagaimana tip agar anak tidak jajan sembarangan di luar rumah?

Biasakan sarapan untuk buah hati. Mams, sarapan sangat penting untuk anak. Jadi, pastikan untuk mengajak Si Kecil sarapan sebelum ia memulai aktivitas. Dengan sarapan, bisa mencegah anak untuk tidak jajan sembarangan . Agar Si Kecil tidak bosan, pastikan mengganti menu (baca : Menu Sarapan Sehat untuk Si Kecil), dan berikan makanan favoritnya. Akan percuma saja  jika Anda memberi sarapan yang Si Kecil tidak suka.

 Bawa bekal saat pergi sekolah. Membawa bekal adalah satu trik agar anak tidak jajan sembarangan (baca: Tip Bekal Sekolah Favorit). Dengan begitu, Si Kecil bisa makan bekal di sekolah. Selain mencegah anak jajan sembarangan, membawa bekal juga mengajarkan anak untuk lebih hemat. Uang saku yang Anda berikan bisa ditabung dan dibelikan mainan atau apapun yang ia sukai.

Batasi memberi uang saku. Memberi uang saku berlebihan akan mendorong Si Kecil untuk konsumtif. Mereka akan merasa mampu membeli apapun yang diinginkan, meskipun berbahaya bagi kesehatannya. Untuk itu, batasi uang sakunya, ya.

Buatlah makanan ringan di rumah. Camilan ringan sangat penting untuk Si Kecil di rumah. Dengan membuat makanan olahan sendiri (baca : Camilan Sehat untuk Si Kecil) jelas lebih terjamin kebersihannya.Tapi ingat, buatlah makanan bervariasi, ya, Mams. Bila perlu tanyakan pada Si Kecil makanan apa yang ia suka. Agar acara memasak lebih fun, ajak Si Kecil membantu Anda! Pasti seru!

Beri contoh untuk tidak jajan sembarangan. Jika Anda ingin Si Kecil tidak jajan sembarangan, berilah contoh yang baik. Ketika Anda telah memberi contoh yang baik, anak pun akan mengikutinya. Bila perlu, ajak semua anggota keluarga di rumah untuk tidak memanggil penjual makanan atau jajanan yang lewat di depan rumah baik itu kakek, nenek, kakak, paman, atau siapapun.

 

Menjelaskan bahaya jajan sembarang. Beri penjelasan pada Si Kecil bahaya dari jajan sembarangan. Selain tidak terjaga kebersihannya, juga dapat menyebabkan sakit perut dan diare lho. Agar di sekolah Si Kecil tidak tertarik jajan di luar, Anda bisa memberi ide agar sekolah bisa menyediakan kantin dengan jajanan yang lebih sehat dan tentu bersih. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares