Mind

Tip Persiapkan Mental Menyambut Si Kembar

By  | 

Kehamilan kembar atau multipel memang anugerah tak ternilai. Namun tidak sedikit mamas to be yang kaget dan merasa tidak siap untuk mengasuh bayi lebih dari satu. Pasalnya membesarkan anak tak sekadar memberinya materi, namun juga membutuhkan fokus dari Anda dan pasangan dalam mendidik dan memberikan waktu serta perhatian baginya. Banyak orangtua yang khawatir tidak dapat mendedikasikan dirinya secara full jika memiliki anak kembar. Kondisi tersebut dapat memicu mamas terkena baby blues nantinya. Nah jika memang Anda diberi kepercayaan mengandung bayi kembar, maka persiapkan mental Anda dengan cara ini ya:

  • Gali info sebanyak-banyaknya seputar mengasuh anak kembar baik dari buku, internet, maupun belajar dari pengalaman kerabat yang memiliki anak kembar. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran kehidupan keluarga dengan anak kembar.
  • Kondisi mental Anda sangat dipengaruhi oleh keadaan fisik. Pastikan fisik Anda sehat dengan menjaga asupan sejak dini. Konsumsi makanan sehat serta rajin minum vitamin (baca : Mengenal Beberapa Suplemen Kehamilan) akan memberi Anda kekuatan saat hamil Si Kembar hingga saat kelahirannya nanti. Hal ini membantu Anda untuk berpikir positif lho, Mams.
  • Cari bantuan sejak awal. Membesarkan Si Kembar seorang diri paska melahirkan memang hampir mustahil, Mams. Oleh karena itu, cari bantuan sejak awal dengan cara merekrut nanny yang sudah berpengalaman. Atau adakan meeting keluarga jika mungkin orangtua atau saudara Anda ada yang bisa membantu Anda mengasuh Si Kembar.
  • Urusan biaya juga dapat memicu stres, oleh karena itu Anda harus cermat dalam membeli keperluan Si Kembar. Misalnya, stroller tandem tentu lebih hemat dan praktis daripada membeli dua stroller. Cari info barang-barang bayi yang sedang promosi buy 1 get 1 free. Untuk kamar Si Kembar, Anda tidak perlu membeli furnitur baru, beli saja furnitur bekas yang kemudian bisa Anda poles kembali.
  • Pelajari juga cara menyusui bayi kembar ya Mams. Pasalnya menyusui satu bayi saja terkadang sudah membuat seorang mama stres apalagi dua. Nah jika sejak awal Anda sudah mempelajari triknya, program menyusui Si Kembar akan lebih lancar dan Anda pun terhindar dari stres.
  • Berpikir positif juga dapat membantu Anda siap mental menyambut kelahiran Si Kecil kelak. Bayangkan saja betapa lucunya seorang bayi dan Anda memiliki dua lho! Pikirkan saat besar nanti mereka akan bermain bersama, tumbuh dewasa bersama, dan pada umumnya anak kembar memiliki empati yang lebih besar pada saudara kembarnya, sehingga nantinya mereka dapat saling membantu. Anak kembar juga sudah terbiasa sharing sehingga Anda tidak perlu bersusah payah lagi menanamkan jiwa berbagi pada mereka. (Karmenita Ridwan/LD/Photo:istockphoto.com)

Shares