Education

5 Cara Tanamkan Jiwa Kepemimpinan pada Anak

By  | 

Jiwa kepemimpinan ternyata dapat ditanamkan sejak dini, lho. Menurut sebuah studi, pengalaman masa kecil dapat menentukan jiwa kepemimpinan saat anak dewasa nanti. Bagaimana cara menanamkan jiwa leadership pada Si Kecil? Yuk simak!

  1. Anak-anak selalu memerhatikan apa yang Anda dan pasangan lakukan. Oleh karena itu, sebaiknya jelaskan apa yang sedang Anda lakukan dan alasan mengapa Anda melakukan hal tersebut.
  2. Ajak Si Kecil melihat segala sesuatu dari sisi yang berbeda sehingga ia lebih kritis. Pemikiran kritis menjadikan Si Kecil terbiasa memiliki pandangan yang lebih jauh dan melatihnya untuk thinking outside the box.
  3. Komunikasi yang baik adalah modal utama bagi seorang pemimpin. Ajari Si Kecil menjadi pendengar yang baik, sekaligus biasakan ia tampil di depan umum. Selain itu, biasakan ia untuk merespons segala sesuatu dengan tenang agar ia terbiasa menjadi orang yang bijak.
  4. Ajari Si Kecil memecahkan sebuah kasus. Biarkan ia membuat sebuah keputusan kecil di dalam rumah. Misalnya menentukan jadwal aktivitas sehari-hari. Atau membuat keputusan ke mana keluarga akan pergi weekend ini.
  5. Bangun kepercayaan diri anak dengan memberikan reward jika ia melakukan sesuatu yang membanggakan. Biarkan ia tahu bahwa Anda bangga padanya dengan langsung memuji saat ia membuat prestasi. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

Shares