Mind

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menyusui

By  | 

Di bulan kedelapan atau kesembilan kehamilan, pada umumnya calon mama sudah dibekali pengetahuan mengenai teknik laktasi dari bidan atau dokter kandungan. Tapi sebetulnya, persiapan apa saja yang sebaiknya Anda lakukan agar bisa memberikan ASI secara maksimal pada Si Bayi nanti? Smart Mama akan memberitahu tipnya untuk Anda.

1. Yakinkan bahwa Anda mampu. Hal utama yang harus Anda siapkan adalah mental diri, Mamas to be. Semua payudara ibu hamil akan berisi ASI, jadi Anda tak perlu khawatir Anda tidak bisa menyusui. Buang segala ketakutan bahwa menyusui itu sakit atau sulit, ya. Karena keyakinan bahwa Anda ingin memberi nutrisi terbaik bagi Si Kecil akan sangat ,membantu Anda bisa menyusui.

2. Perbanyak pengetahuan soal ASI dan menyusui. Yang satu ini tak kalah penting lho. Anda bisa menambah pengetahuan soal manfaat ASI, cara menyusui (baca : Panduan Menyusui untuk Mama Baru), hingga makanan yang sebaiknya dikonsumsi ketika menyusui ( baca : Makanan Diet Tepat untuk Ibu Menyusui), melalui buku, website parenting, atau majalah tentang ibu dan anak.

3. Berbincang dengan komunitas ibu menyusui. Setelah mendapat ilmu atau teori mengenai ASI dan menyusui, Anda juga perlu mengetahui pengalaman menyusui dari sesama mama ya. Nah, Anda bisa bergabung dengan komunitas AIMI ( Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), Mendengarkan langsung pendapat mereka mengenai suka duka menyusui akan membuat Anda semakin siap melakukan hal yang sama usai melahirkan nanti, bukan?

4. Bangun lingkungan yang mendukung. Sejak awal, persiapkan juga suami dan keluarga untuk mendukung keinginan Anda memberikan ASI. Katakan pada mereka bahwa, Anda butuh diberikan semangat, termasuk sesekali menemani Anda bangun tengah malam untuk menyusui. Beritahu suami dan keluarga Anda mengenai ragam manfaat menyusui baik untuk Anda dan Si Bayi.

5. Persiapkan sarana menyusui yang nyaman. Banyak calon mama mungkin lupa hal satu ini. Euforia menyambut kelahiran bayi membuat Anda hanya mendekor kamar Si Kecil dengan segala perlengkapan terbaik. Namun, jangan lupa juga Anda perlu kursi super empuk ditambah bantal menyusui sebagai tempat Anda dan Si Bayi menjalin bonding time. Sediakan waktu juga untuk berbelanja nursing cover serta breast pump ya. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares