Health

Makanan Pereda Heartburn Ketika Hamil

By  | 

Anda tentu sepakat bahwa saat mengandung Anda tidak boleh mengonsumsi sembarangan obat kan? Oleh karena itu, Mamas to be harus pintar mengetahui makanan alami yang bisa juga jadi ‘penolong’ untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan ketika hamil, termasuk heartburn. Selain menerapkan cara-cara tertentu (baca : 5 Cara Meminimalisasi Heartburn Ketika Hamil), ada beberapa makanan dan minuman yang dapat meredakan heartburn. Apa saja ya? Ini daftarnya ya, Smart Mama.

1. Almond. Camilan sehat satu ini memang kaya manfaat untuk kita, Mamas. Konsumsi 3-4 buah kacang almond setiap kali Anda selesai makan baik pagi, siang, maupun malam. Kacang lezat ini bisa membantu menetralkan asam lambung di perut Anda yang bisa menyebabkan heartburn.

2. Yogurt atau susu. Yogurt or segelas susu bisa meredakan heartburn, Mams. Selain susu sapi, Anda juga bisa coba susu kacang kedelai, susu almond, atau susu kambing sebagai alternatif.

3. Teh jahe. Potong dan bersihkan seruas jari jahe lalu rebus dalam 3 gelas air teh. Diamkan 10 menit lalu, minum perlahan. Bila Anda tidak tahan dengan rasa pedasnya, Anda bisa tambahkan satu sendok kecil gula.

4. Air kelapa. Belakangan ini air kelapa atau coconut water memang tengah ‘naik daun’, ya. Anda beruntung hidup di negara tropis sehingga bisa dengan mudah menemukan buah berwarna putih ini. Air kelapa dipercaya bisa mengurangi gejala heartburn yang rentan dialami wanita hamil.

5. Permen karet rasa mint. Selalu masukkan permen karet rasa mint ini dalam tas Anda ke mana pun Anda pergi ya. Mengunyah satu lembar permen mint ini ternyata bisa dengan cepat mengurangi heartburn, lho.

6. Jintan manis. Anda yang gemar memasak tentu akrab dengan bumbu dapur satu ini. Selain bisa melezatkan beberapa masakan Melayu, jintan manis juga memiliki efek baik bagi heartburn. Hancurkan sedikit jintan manis dan masukkan dalam teh panas dan minumlah.

7. Lidah buaya. Di Indonesia, lidah buaya tidak hanya populer sebagai bahan alami penyubur pertumbuhan rambut, tapi juga sebagai cairan yang membantu menyembuhkan luka bakar. Ternyata manfaat lain lidah buaya adalah untuk mengatasi heartburn. Ambil beberapa potong lidah buaya, cuci bersih, lalu buang kulitnya. Masukkan dalam blender dan campur dengan air secukupnya. Jus lidah buaya siap Anda minum. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

 

 

Shares