Mind

Q&A: Tak Siap Hadapi Perubahan

By  | 

Q: Bulan depan suami mendapat promosi menduduki jabatan lebih tinggi di kantor cabang di luar kota. Suami meminta saya dan anak-anak ikut serta bersamanya. Saya merasa tidak siap dengan perubahan mendadadak ini. Selain saya harus beradaptasi lagi dengan suasana tempat tinggal yang baru, saya juga akan kehilangan teman-teman dan jauh dari saudara. Saya sudah sangat merasa nyaman dengan hidup saya sekarang ini. Saya khawatir saya tidak bisa beradaptasi dengan baik. Bagaimana menghadapinya?

Alia, 29 tahun, mama dari Sarah, 4, dan Rama, 2

 

A: Perubahan dalam hidup bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Dan sebagai wanita tangguh, Anda tidak perlu ragu untuk menerima tantangan dari setiap perubahan yang terjadi. Simak tip Smart Mama berikut ini, Mams.

  1. Terima kondisi. Hidup itu bagai roda yang selalu berputar, jadi sadarilah kalau perubahan itu pasti akan menghampiri hidup Anda. Walaupun kadang datang secara tiba-tiba tanpa direncanakan sebelumnya, usahakan selalu menemukan peluang dari setiap perubahan yang dihadapi.
  2. Berpikir positif. Jika hal pertama yang Anda pikirkan saat menghadapi perubahan adalah beragam kegagalan, kesulitan, dan hal buruk lainnya, coba catat poin dari setiap hasil pemikiran Anda tersebut. Setelah itu, baca kembali dan temukan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut.
  3. Mencoba hal baru. Jangan pernah ragu mencoba hal baru. Mulailah membiasakan diri menghadapi hal-hal baru, coba dulu dari hal terkecil. Contoh mudah, mungkin Anda bisa mencoba beragam kuliner yang belum pernah Anda coba sebelumnya atau mengunjungi tempat asing yang tentunya memiliki beragam tantangan seru.
  4. Fokus pada keberhasilan. Perasaan ragu sudah pasti akan muncul, tapi jangan biarkan perasaan ini merusak kebahagiaan Anda. Percayalah Anda tetap bisa bahagia kok, Mams, semua hanya perlu waktu dan usaha. Bayangkan karier suami yang lebih baik, yang tentu saja tingkat kemapanan hidup juga ikut meningkat, juga teman-teman baru yang pasti akan menambah warna dalam hidup Anda. (Tammy Febriani/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares