Mind

Tip Agar Si Mbak Betah

By  | 

Sebagai ibu bekerja, kehadiran asisten rumah tangga atau yang biasa dipanggil Si Mbak menjadi hal penting dalam keseharian di rumah. Dari membersihkan rumah, menyapu, mengepel, mencuci bahkan hingga menjaga anak, diserahkan kepadanya. Tapi kenyataannya, tidaklah mudah mencari ART. Nah, agar ia betah tinggal bersama Anda, coba terapkan tip Smart Mama berikut.

1. Jangan menganggap status Si Mbak lebih rendah. Meski berstatus asisten rumah tangga jangan pernah menganggap diri mereka lebih rendah. Sebab pekerjaan yang dilakukan para ART tergolong penting. Coba bayangkan jika Anda harus seorang diri mengurus segala kebutuhan rumah tangga. Sebagai bentuk penghargaan, Anda bisa berbicara sopan atau memberi perintah dengan kalimat sederhana dan menghargai. Misalnya dimulai dengan kata ‘tolong’.

2. Berikan bonus secara berkala. Sama seperti Anda yang bekerja di perusahaan, tentu saja butuh perhatian dari sisi kesejahteraan, begitupun asisten rumah tangga. Mereka pun ingin dihargai pekerjaannya dalam bentuk materi tambahan. Misalnya, sesekali belikan ia pulsa atau baju baru.

3. Ajarkan anak untuk menghargai. Tanpa Anda sadari, mungkin saja Si Kecil sering berbicara kasar pada Si Mbak. Misalnya meminta sesuatu dengan kata-kata kasar. Boleh jadi hal tersebut merupakan salah satu alasan ketidakbetahan ia bekerja lama di rumah Anda.

4. Berikan kamar yang layak. Untuk asisten rumah tangga yang menginap, biasanya disediakan kamar untuk mereka. Jangan biarkan Si Mbak tidur dalam ruangan berukuran sempit tanpa tempat tidur yang layak.

5.Gaji yang pantas. Berikan penghasilan yang pantas dan wajar agar para asisten rumah tangga merasa dihargai. Kenaikan gaji dalam waktu tertentu bisa Anda lakukan jika Si Mbak rajin bekerja dan bisa mengurus Si Buah Hati dengan baik. (Yosi Avianti/LD/Photo : Istockphoto.com)

Shares