Health

6 Makanan untuk Meringankan Sakit Kepala

By  | 

Seperti halnya flu dan batuk, Anda pasti juga pernah mengalami sakit kepala kan, Mamas. Ada berbagai penyebab sakit kepala yang juga pernah Smart Mama bahas beberapa waktu lalu (baca : Sering Sakit Kepala? Mungkin Ini Penyebabnya!). Nah, ternyata sakit kepala ini bisa diringankan dengan beberapa makanan tertentu. Jadi, jadi sedikit-sedikit minum obat ya, Mamas. Apa saja sih makanan ‘penolong’ untuk sakit kepala? Simak deh.

1. Kentang panggang. Apabila Anda sakit kepala karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol, maka Anda membutuhkan bantuan zat bernama potassium yang dapat membantu mengatasi dehidrasi akibat Menurut Erin Palinski, RD, seorang pakar diet di New Jersey, mengonsumsi makanan yang kaya akan potassium seperti kentang panggang, namun Anda harus makan dengan kulitnya sekalian. Ternyata, kadar potassium dalam sebuah kentang panggang lebih tinggi dari sebuah pisang yang juga berkandungan potassium tinggi. Sebuah kentang panggang memiliki 721 mg potassium, sedangkan pisang ‘hanya’ 467 mg saja.

2. Semangka. Sakit kepala sekarang kali terjadi karena tanpa disadari diri kita kekurangan cairan, Mams. Nah kata Stella Metsovas, BS, CN, nutrisionis di Laguna Beach, California, ternyata ‘obat’nya mudah saja, lho, Mamas, yaitu buah atau sayuran yang mengandung banyak air dan mineral seperti magnesium yang mampu membantu meringankan sakit kepala. Salah satunya adalah buah semangka merah atau kuning yang segar dan manis. Anda bisa memakannya begitu saja atau memblendernya sebagai jus yang lezat.

3. Kopi. Secangkir kopi ternyata juga mampu mengurangi rasa sakit kepala yang bisa terjadi di tengah kesibukan sehari-hari Anda di kantor. Teman sekantor saya sudah membuktikannya. Setiap kali merasa pusing, ia tidak mengonsumsi obat melainkan segelas kopi seduh! “Kafein yang terdapat dalam kopi bisa membantu mengatasi pening,” ujar Palinski.

4. Makanan pedas. Sakit kepala yang disebabkan karena hidung tersumbat akibat flu bisa dibantu diatasi dengan mengonsumsi makanan bercitarasa pedas. “Makanan pedas bisa membantu ‘membuka’ hidung yang tersumbat sehingga memudahkan Anda untuk bernapas dengan normal kembali,” kata Palinski.

5. Yoghurt. Bila kepala Anda pening, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa tubuh Anda memerlukan asupan kalsium. “Salah satu cara mengatasinya adalah dengan makan Greek yogurt yang kaya kalsium namun tanpa tambahan gula ya,” ucap Metsovas.

6. Salad bayam. Sebagai generasi 90-an, Anda tentu mengenal tokoh kartun ternama, Popeye, yang mengonsumsi bayam sebagai ‘kekuatannya’. Nah, ternyata bayam juga bisa membantu mengatasi sakit kepala karena kandungan magnesium yang ada di dalamnya. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

Shares