Health

Ide Camilan Sehat untuk Calon Mama

By  | 

Ada sebagian wanita hamil yang tidak bisa makan dalam jumlah banyak sekaligus karena berbagai alasan. Mulai dari sering mual hingga kurang nafsu makan. Padahal, setiap hari Anda harus bisa memenuhi asupan nutrisi yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral kan, Mamas to be? Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengemil. Tapi tentu bukan sembarang camilan ya. Lupakan keripik kentang, gorengan ‘Abang-Abang’, atau bakso bersaus kental yang biasa mangkal di pinggir jalan,lho.

Camilan yang Anda makan saat hamil tentu harus terjamin kebersihannya dan bila memungkinkan sebaiknya memang Anda membuatnya sendiri. Tapi, bila Anda tak mau repot, ada kok camilan sehat yang bisa langsung dimakan tanpa perlu usaha memasaknya. Apa saja ya? Ini dia daftarnya.

1. Kacang almond. Anda bisa membelinya di supermarket atau memesan secara online ya. Segenggam almond memiliki kandungan 6 gr protein dan juga kaya akan mineral. Anda bisa kenyang dalam waktu singkat, deh.

2. Beberapa potong apel. Ada berbagai jenis apel yang bisa Anda jadikan camilan. Mulai dari yang berkulit merah, hijau, hingga merah kehijauan. Rasanya yang manis dan segar cocok untuk snack pagi di kantor nih. Anda boleh kok memakannya tanpa dikupas, tapi cuci bersih kulitnya dengan air matang ya.

3. Keju. Selain sebagai sumber kalsium, keju juga memiliki rasa yang lezat. Tapi jangan konsumsi keju yang belum dipasteurisasi ya. Bila Anda tidak terbiasa memakannya langsung begitu saja, boleh kok Mams Anda meletakkannya di atas roti gandum yang juga sehat.

4. Alpukat. Buah berdaging kuning kehijauan ini sangat tepat untuk jadi camilan favorit Anda. Alpukat memiliki kandungan banyak nutrisi seperti vitamin B6, B5, E, C, dan K, serta magnesium, lutein, juga serat yang tinggi. Kandungan B6 juga dipercaya mampu membantu mengatasi mual yang umum dialami pada trimester pertama kehamilan. Selain bisa dibuat jus yang mengenyangkan, alpukat juga bisa dijadikan campuran salad buah yang nikmat.

5. Kacang tanah. Penganan satu ini pasti mudah Anda temui di pasar tradisional maupun modern. Ada yang mentah namun ada juga yang sudah dimasak baik digoreng maupun dipanggang. Ada pula yang memiliki rasa original atau ditambah campuran bawang putih dan rempah lain. Pilih sesuai selera Anda ya. Dan sama seperti almond, kacang tanah juga memiliki kadar protein yang tinggi, kolin, vitamin A, B, E, dan K.

6. Biskuit tawar. Dikenal juga sebagai crackers yang kerap jadi ‘penyelamat’ saat kelaparan atau sehabis muntah akibat morning sickness. Saya juga dulu pecinta biskuit tawar ini. Biasanya saya memakannya saat sore hari dengan tambahan sedikit madu di atasnya. Hmmm..nikmat. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

 

Shares