Parenting

Tip Mengatur Ritme Tidur Si Kecil

By  | 

Keponakan alias anak kakak saya memiliki jadwal tidur yang ‘unik’. Kalau malam, ia tidur selalu di atas pukul 22.00 dan kalau siang ia bisa tidur sebanyak 2 kali dan biasanya bisa sampai 2 jam  bila tidur. Hal ini membuat kakak saya jadi sering tidur larut malam. Padahal sebenarnya secara alamiah, pola tidur Si Kecil akan menjadi normal seiring berjalannya waktu.  Apakah maslaah kakak saya juga saat ini Anda alami, Mamas? Apa yang harus dilakukan ya? Nah, beberapa tip sederhana ini, dapat membantu Anda mendorong  Si Kecil agar lebih cepat beradaptasi dengan pola tidur normal.

  1. Anda bisa perbanyak aktivitas Si Kecil saat di rumah. Misalnya di pagi hari, ajaklah ia bermain, dan bernyanyi. Setelah makan siang aturlah jadwalnya untuk tidur siang. Di sore hari setelah tidur siang, Anda bisa mengajaknya beraktivitas lain dengan berjalan-jalan di sekitar rumah, atau bermain dengan teman sebayanya. Dengan begitu, saat malam hari ia bisa lebih tidur lebih cepat.
  2. Biasakan selalu memiliki jadwal tidur yang konsisten.Jika sudah masuk jadwal tidur tapi Si Kecil masih mengajak bermain, stimulasi ia dengan nyanyian, ayunan, atau berikan susu untuk mempercepat waktu tidurnya. Situasi kamar yang nyaman biasanya akan membantu mempercepat Si Kecil tertidur pulas.
  3. Jika di malam hari Si Kecil terbangun karena lapar, berikan ia sebotol susu atau ASI. Kondisikan juga ruangan yang tidak terlalu terang, agar ia tahu bahwa saat itu adalah waktunya tidur, bukan waktu bermain.
  4. Sebelum Si Kecil memiliki konsistensi waktu tidur, baiknya Anda memberikan contoh, untuk tidur sesuai dengan waktu. Misalnya, Si Kecil harus tidur sebelum pukul 21.00, maka Anda bisa mengajak Si Kecil masuk ke kamar dan membacakan cerita. Dengan demikian, Si Kecil akan terbiasa dengan pola tidurnya. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

Shares