Health

Menjaga Kesehatan di Usia 30-an

By  | 

Tiap manusia mengalami perubahan pada tubuhnya seiring bertambahnya usia. Begitu juga saya, saat berusia twenty something dulu saya merasa lebih kuat untuk tidur lebih larut serta keluar malam. Kini di usia 30-an saya menjadi lebih mudah lelah, baru pukul 23.00 saja, saya sudah merasa mengantuk. Perubahan juga saya rasakan menjelang menstruasi, di usia 30-an ini saya kerap merasa meriang dan super pegal ketika PMS. Nah agar tubuh Anda lebih bugar di usia 30-an, yuk lakukan tip Smart Mama berikut.

  1.  Jadikan olahraga sebagai sebuah kewajiban. Tak perlu berat Mams, cukup jalan kaki ringan asalkan rutin akan membantu tubuh Anda lebih segar. Hal ini sangat berguna menjaga stamina tubuh sehingga tidak mudah lelah dan membantu Anda terhindar dari penyakit. Banyak wanita yang mengeluh mulai mengalami beberapa penyakit di usia ini, misalnya kolesterol tinggi. Olahraga akan membantu Anda menangkal beberapa penyakit.
  2. Cairan yang cukup. Konsumsi air putih juga harus cukup minimal delapan gelas sehari dan konsumsi juga jus buah segar tanpa gula ya, Mams. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan metabolisme serta menjaga kesehatan pencernaan dan kelembapan kulit.
  3. Istirahat cukup. Tidak ada salahnya jika sesekali Anda ingin hang out bersama teman-teman hingga larut malam. Namun batasi durasinya ya Mams, misalnya satu bulan sekali dan pastikan di malam libur agar Anda dapat beristirahat keesokan harinya.
  4. Konsumsi banyak buah dan sayuran. Jika dulu Anda tidak terlalu menyukai sayuran dan buah. Kini saatnya Anda mulai bersahabat dengan keduanya. Kandungan antioksidan dalam buah dan sayur akan mencegah risiko penyakit serta kerutan di wajah Anda. Menurut para ahli, setiap hari Anda wajib konsumsi sayur dan buah 3-5 porsi.
  5. Batasi menonton televisi serta konsumsi gadget. Radiasi dari alat teknologi berpotensi menggiring Anda pada penyakit seperti kelelahan, sakit kepala, serta kurang beristirahat. Lagipula terlalu banyak bermain gadget membuat Anda kurang fokus saat quality time bersama keluarga kan.
  6. Periksa kesehatan secara rutin. Jika di usia 20-an dulu Anda cenderung tidak terlalu memikirkan medical check up, kini saatnya Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pemeriksaan tersebut meliputi kesehatan secara umum maupun alat reproduksi Anda. Lakukan medical check up minimal satu tahun sekali ya Mams.
  7. Positive thinking dan relaks. Dua hal ini juga harus Anda lakukan jika tidak ingin lekas tua Mams. Hindari pikiran negatif, bersihkan hati, serta rutin berlibur sangat dianjurkan. Jika terjadi sesuatu yang buruk pada hidup Anda sebaiknya tetap berpikir positif, toh semuanya akan berlalu.
    (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)

 

Shares