Education

Bila Si Kecil Enggan ke Sekolah

By  | 

Mams, ada kalanya Si Kecil tidak mau berangkat ke sekolah karena satu dan lain hal. Anak saya yang bersekolah di Play Group (PG) pun pernah enggak ke sekolah. Awalnya saya juga sedikit panik karena hal ini, namun jangan langsung memarahi atau memaksa untuk ke sekolah ya Mams. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu sebabnya, bisa jadi ia punya alasan tertentu.

Usia Si Kecil Terlalu Dini

Usia yang terlalu dini memang terkadang jadi masalah. Akibatnya, anak merasa tertekan karena Si Kecil tidak terbiasa dengan pola bermain dan belajar di sekolah. Selain itu anak juga merasa kehilangan sosok ibu yang selalu bersama saat ia berada di rumah.

Tidak Cocok dengan Guru

Bagaimanapun, kecocokan tidak bisa dipaksa. Bisa saja Si Kecil tidak nyaman dengan gurunya atau sebaliknya. Tentu saja, guru tidak akan menunjukkan sikapnya. Ia pasti akan membuat pendekatan dengan Si Kecil. Namun, bagaimanapun juga anak tak bisa dibohongi. Ia pasti akan merasakan ‘ketidaksukaan’ gurunya, akibatnya anak pun menolak pendekatan dari gurunya dan malas berangkat ke sekolah. Satu solusinya Anda bisa meminta pihak sekolah memasukkannya ke kelas lain.

 Bosan Kegiatan di Sekolah

Rasa bosan pada anak bisa terjadi karena banyak sebab, salah satunya karena tak ada yang menarik buat Si Kecil saat di sekolah. Mungkin saja buat Si Kecil belajar mewarnai sudah biasa ia lakukan di rumah.

Teman Penganggu

Bisa jadi Si Kecil tidak nyaman dengan teman-teman di sekolah. Mungkin ada beberapa teman yang senang menganggu, entah itu senang merebut mainan atau memukulnya. Anda bisa cari tahu dengan bertanya kepada Si Kecil secara perlahan, atau Anda bisa langsung bertanya kepada guru di sekolah. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares