Relationship

Tip Menjaga Cinta Setelah Kelahiran Si Bayi

By  | 

Siapa sih yang tidak bahagia dengan kelahiran seorang bayi dalam rumah tangganya? Anda dan pasangan pasti juga begitu kan? Namun, perubahan pasti banyak terjadi Mamas, termasuk hubungan Anda dan suami. Kini, Anda berdua harus bisa saling berbagi perhatian tidak hanya terhadap pasangan masing-masing, namun juga pada Si Bayi yang menjadi buah cinta kalian. Anda berdua juga harus bisa saling beradaptasi menyambut segenap perubahan sehubungan dengan kelahiran Si Bayi. Apa saja ya tipnya? Simak ya, Smart Mamas.

1. Pasangan harus mendukung Anda. Sebetulnya dukungan ini sudah harus dirasakan sejak Anda masih mengandung, lho. Bila selama 9 bulan kehamilan suami Anda selalu ada untuk Anda, maka paska persalinan pun ia harus memberikan dukungan yang sama besarnya. Apalagi di 3 bulan pertama, Anda akan banyak begadang mengurus Si Bayi yang umumnya belum bisa membedakan antara siang dan malam. Bila Anda menyusui Si Kecil, maka suami juga harus memberikan dukungan dengan menemani Anda memompa ASI di malam hari, hingga memberikan nutrisi terbaik guna meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI Smart Mama. Perhatian seperti ini bukan hanya memperdalam cinta Anda berdua tapi juga cinta kepada Si Bayi.

2Jangan ragu minta tolong. Sebagai mama ada banyak hal yang harus Anda lakukan. Tak perlu merasa ‘jago’ dan ingin melakukan semuanya sendiri ya, Mams. Minta pasangan untuk mengganti popok Si Bayi, bahkan kalau perlu memandikan juga. Sehingga bonding antara suami, Anda, dan Si Kecil ikut terjaga.

3. Ingat untuk date night. Memiliki bayi bukan berarti Anda melupakan hubungan intim dengan pasangan. Bila memang memungkinkan, Anda bisa menitipkan Si Kecil pada pengasuh yang dipercaya sehingga Anda dan suami bisa berkencan berduaan minimal sebulan sekali. Jika tidak bisa, tak mengapa bila Anda home date night dengan memesan hidangan restoran favorit sambil menonton DVD film cinta romantis.

4. Nikmati sex life Anda yang baru. Setelah masa nifas usai yaitu 40 hari paska persalinan, Anda berdua boleh kembali bercinta. Namun, ada hal-hal yang jelas berubah misalnya kemungkinan ASI Anda akan menetes saat foreplay hingga nyeri di perut yang mucul sesekali untuk Anda yang melahirkan secara Caesar. Nah, hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah dirasakan ini bisa ‘mengganggu’ momen bercinta Anda. Tapi selama Anda dan pasangan bisa saling mengerti, maka hal ini justru bisa menambah ‘panas’ sex life after baby Anda. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares