Mind

Mudah Marah Saat Hamil? Ini 5 Tip Atasinya

By  | 

Kebanyakan ibu hamil cenderung untuk mudah marah dan gampang tersinggung. Hanya karena alasan sepele saja, kadang-kadang bisa membuat emosi calon mama terusik. Saya akui, saya pun begitu dahulu. Namun saya menyadari bahwa emosi saya yang naik turun itu terjadi lantaran perubahan hormonal saat mengandung. Dan bila ini dibiarkan tentu tidak baik untuk janin saya. Sebab, ia ikut merasakan emosi yang saya rasakan. Bila saya mengeluarkan energi negatif maka janin pun tidak akan bahagia. Bukan tidak mungkin ini berpengaruh pada kelahiran bayi dengan berat badan rendah dan bisa memicu keguguran, lho, Mamas. Oleh karena itu, kelola emosi Anda dengan menerapkan tip berikut.

1. Konsumsi makanan sehat. Setiap hari Anda harus mengonsumsi beragam makanan sehat yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. (Baca : 7 Makanan ‘Penjaga’ Mood Ibu Hamil). Makanan bernutrisi ini tidak hanya membuat tubuh Anda dan janin sehat, tapi juga membuat Anda kenyang. Kadang kala, perut yang lapar bisa memicu emosi menjadi lebih cepat marah bukan?

2. Berolahraga teratur. Ambilah waktu untuk berolahraga setidaknya 15 menit dalam sehari. Membiasakan tubuh untuk tetap aktif juga merupakan salah satu cara membuat mental Anda sehat. Pilihlah meditasi ringan seperti yoga atau sekadar jalan santai yang bisa membantu menstabilkan emosi.

3. Jangan lupakan ‘me time’. Jangan pernah lupa memanjakan diri Anda setiap hari melalui bermacam aktivitas yang bisa membuat Anda relaks. Misalnya mendengarkan musik, menonton DVD favorit, hingga menikmati es krim vanila kesukaan Anda.

4. Memakai busana nyaman. Tanpa disadari, busana yang tidak nyaman bisa membuat Anda kesal lho, Mamas. Misalnya baju yang terlalu ketat atau terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat bisa membuat Anda lebih mudah kegerahan. Tidak enak, kan, Mamas?

5. Berhenti khawatir. Ada hal-hal yang sebaiknya tidak terlalu banyak Anda pikirkan, Mams. Misalnya bagaimana proses persalinan berlangsung, bagaimana nanti Si Bayi harus Anda tinggalkan karena harus kembali bekerja, atau hal lainnya. Hal tersebut malah akan membuat Anda khawatir, yang ujung-ujungnya membuat Anda marah karena belum bisa beroleh jawaban yang membuat Anda tenang. So, stop over thinking and let it flow, right? (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

Shares