Health

Pencernaan Anda Bermasalah? Hindari Makanan Ini

By  | 

Bagi sebagian orang dengan pencernaan yang sensitif, makanan tertentu bisa jadi ‘musuh’ yang membuat ketidaknyamanan pada tubuh. Teman saya juga ada yang mengalami masalah pencernaan. Setiap kali ia makan asinan, pasti sesudahnya ia akan merasa mual dan ingin muntah. Lantas makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh Anda yang memiliki masalah pencernaan?

1. Dairy products. Produk olahan susu merupakan salah satu jenis makanan yang sulit dicerna karena kandungan laktosa yang ada di dalamnya, khususnya untuk Anda yang memiliki masalah laktosa intolerance. Akibatnya perut Anda akan bergas dan kembung. Apabila Mamas mengonsumsi laktosa terlalu banyak, maka Anda juga bisa berisiko mengalami diare.

2. Spicy foods. Makanan bercita rasa pedas baik dari cabai atau lada memang enak ya, Mams. Tapi bila dikonsumsi terlalu banyak, khususnya untuk Anda yang memiliki masalah pencernaan, spicy foods bisa menyebabkan diare, muntal, dan mual. Tapi selama perut Anda tak memiliki masalah apapun, sebetulnya aman-aman saja kok Mams bila Anda ingin menikmati makanan yang pedas.

3. Acidic foods. Saus tomat serta buah-buahan berasa asam seperti jeruk nipis, lemon, jeruk, dan jeruk bali bisa menyebabkan masalah pencernaan juga untuk Anda yang perutnya sensitif. Biasanya perut Anda akan terasa seperti melilit dan perih bila mengonsumsi makanan asam.

4. Fried foods. Makanan yang digoreng memiliki kandungan serat yang rendah sehingga lama untuk bisa dicerna oleh tubuh. Akibatnya Anda yang memiliki masalah pencernaan, akan mudah untuk konstipasi atau justru diare bila terlalu banyak mengonsumsi berbagai jenis gorengan.

5. Kafein. Tidak hanya terdapat pada kopi, kafein juga ada di dalam cokelat, teh, dan soda ya, Mamas. Bila perut Anda sedang bermasalah, seperti diare, sebaiknya jangan mengonsumsi empat jenis minuman ini karena akan memperparah penyakit Anda. Anda bisa mengonsumsinya lagi bila diare ini sudah sembuh.

6. Alkohol. Sebetulnya Anda tentu sadar ya, Mamas, alkohol memang tidak baik buat kesehatan semua manusia, terlebih Anda yang bermasalah pencernaan. Selain tidak memiliki kandungan gizi apapun, alkohol jenis apapun dapat memengaruhi metabolisme fungsi hati Anda. Jadi, buat apa kan Anda minum? (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

 

Shares