Health

Do’s and Don’ts Diet Saat Hamil

By  | 

Mamas to be, selain bermanfaat untuk pertumbuhan janin di dalam perut Anda, diet sehat saat hamil juga terbukti dapat menjaga kesehatan Si Kecil hingga ia dewasa nanti. Pola makan sehat kala hamil dapat menjadikan Buah Hati Anda terhindar dari risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, serta penyakit kanker di masa depan. Namun pelajari dulu ya Mams, pastikan diet yang Anda jalani sudah benar sehingga betul-betul bermanfaat baik untuk Si Bayi maupun untuk Anda. Yuk simak do’s and don’ts-nya.

Do’s

  • Pilih makanan yang bermanfaat ganda. Makanan bernutrisi penuh seperti yogurt, ayam, daging, telur, serta keju mengandung protein, kalsium, serta zat besi yang tinggi. Semua zat ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan Anda. Tak hanya untuk Si Bayi, makanan-makanan tersebut juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda sendiri. Pastikan juga Anda banyak mengonsumsi buah yang kaya vitamin C seperti jeruk atau pepaya, yang juga dapat memperlancar pencernaan Anda.
  • Konsumsi vitamin secara rutin dan teratur. Yang satu ini jangan sampai ketinggalan ya Mams. Memang sih kandungan dalam vitamin bisa juga Anda dapatkan dari makanan. Tapi ada kalanya Anda kurang berselera dengan makanan yang dimaksud, lebih baik berjaga-jaga dengan asupan vitamin yang tentunya berdasarkan rekomendasi dari dokter kandungan Anda.
  • Fokus pada semua nutrisi. Pastikan Anda mendapatkan semua kandungan nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi aneka makanan sesuai fungsinya. Contohnya, setiap hari Anda harus mengonsumsi karbohidrat seperti roti atau nasi untuk menambah tenaga. Kemudian, Anda juga harus melahap protein hewani, pastikan yang bebas lemak ya Mams. Jangan lupa juga konsumsi sayur dan buah lalu yogurt dan keju. Bila perlu Anda catat kebutuhan nutrisi tersebut dan memilih jenis yang Anda ingin makan dari setiap grup untuk setiap harinya.
  • Hindari makanan kurang matang. Redam dulu keinginan Anda akan sushi atau sashimi ya Mams, kecuali jika isi sushi yang Anda pesan seluruhnya matang. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari timbulnya toksoplasma yang dapat menyebabkan pertumbuhan janin Anda kurang sempurna. Biasnya memang ditemukan pada makanan yang kurang matang.

Don’ts

  • Berpikir makan untuk dua orang. No Mamas, memang sih banyak yang berasumsi saat hamil Anda makan untuk berdua. Tapi pikiran ini justru membuat Anda ingin makan lebih banyak sehingga bila dibiarkan Anda bisa kelebihan berat badan saat hamil. Menurut Karen Nordahl MD dari University of British Columbia, “Saya merekomendasikan wanita hamil untuk makan hingga ia cukup kenyang, pemikiran eating for two akan membuat Si Calon Ibu makan lebih banyak dan malah memicu kelebihan berat badan,”ujarnya.
  • Melupakan air putih dan serat. Terkadang wanita hamil terlalu fokus pada zat asam folat, zat besi serta nutrisi lain yang fokus pada tumbuh kembang janin. Akibatnya Anda melupakan asupan air putih dan serat dalam sayuran. Padahal saluran cerna Anda akan sulit mencerna makanan jika Anda kekurangan air putih. Pastikan Anda minum 8-10 gelas setiap harinya ya Mams, dan serat wajib juga Anda konsumsi guna mencegah konstipasi.
  • Berpikir diet karena takut sekali gemuk. Fobia akan kegemukan bisa memicu diet yang salah, padahal bayi Anda membutuhkan banyak nutrisi. Saat hamil berat badan Anda memang harus naik Mams. Nah agar tidak berlebihan jaga saja dengan pola makan sehat dan hilangkan kekhawatiran Anda akan berat badan berlebih. Percaya saja Mams, dengan pola makan sehat serta sedikit yoga atau latihan ringan berat badan Anda akan stabil. (Karmenita Ridwan/LD/Photo: istockphoto.com)


Shares