Health

Bolehkah Calon Mama Makan Junk Food?

By  | 

“You are what you eat.” Sudah sering mendengar kalimat bijak ini, kan, Mamas? Apa yang Anda konsumsi akan berpengaruh pada hidup Anda, demikian juga untuk wanita hamil. Bila sepanjang kehamilan, Anda makan sehat, maka Anda akan melahirkan bayi yang sehat juga. Tapi bila Anda kurang menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda, maka jangan kaget bila ada masalah kesehatan pada kehamilan maupun janin Anda. Lalu, pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para calon mama selain bolehkah makan pedas saat hamil adalah, bolehkan saya makan junk food saat hamil?

Akui saya ya Mamas, craving junk food juga pernah saya alami ketika hamil dahulu. Tapi sebelum saya terlanjur ketagihan, saya bertanya terlebih dulu pada dokter kandungan yang ternyata tak memperbolehkan saya makan junk food saat hamil. Mengapa ya? Ternyata beberapa penelitian membuktikan bahwa sering mengonsumsi junk food selama kehamilan dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan baik fisik maupun mental lain pada Anda dan janin. Ini karena makanan siap saji alias fast food memiliki kandungan lemak, gula, garam, dan kalori tinggi. Selain itu konsumsi junk food juga akan meningkatkan risiko kecanduan fast  food pada Si Kecil di masa pertumbuhannya nanti. Anda tentu tak mau hal ini terjadi pada Sang Buah Hati kan, Mams? Ini bukan hanya menyebabkan Si Kecil akan kelebihan berat badan di usia muda, tapi juga berisiko mengalami masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan obesitas seperti jantung, kolesterol, hingga diabetes di kemudian hari.

So, bagaimana ya cara mengontrol keinginan untuk makan junk food saat hamil?

  1. Sarapan tepat waktu. Keinginan makan junk food hadir karena perut Anda lapar, jadi usahakan untuk selalu sarapan tepat waktu. Penuhi menu breakfast Anda dengan makanan bergizi seperti telur, susu, jus, dan buah-buahan.
  2. Berani bilang ‘tidak’. Ada kalanya, Anda harus menemani pasangan atau sahabat makan siang atau malam di luar rumah. Nah, bila mereka mengajak Anda untuk mengunjungi restoran siap saji, langsung bilang ‘tidak’, ya Mams. Katakan dengan tegas pada mereka bahwa Anda sebaiknya tidak makan fast food saat hamil. Lebih baik jujur daripada tergoda aroma french fries dan burger yang masih panas, bukan?
  3. Buat junk food sendiri. Bila keinginan untuk makan junk food begitu besar, tak mengapa Mams, jika sesekali Anda membuatnya sendiri. Misalnya homemade kentang goreng yang Anda olah dengan sedikit garam dan digoreng dengan sedikit minyak. (Lenny Delima/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares