Parenting

Aturan Menitipkan Si Kecil pada Orangtua

By  | 

Tak sedikit dari orangtua, atau (mungkin) Anda juga termasuk salah satu mama yang memilih tetap berkarier di luar rumah. Namun, masalah besar tentang siapa yang akan mengurus Si Kecil pun selalu ‘menghantui’. Apalagi jika Anda enggan untuk memilih asisten rumah tangga (ART), pilihan pun lalu jatuh kepada orangtua atau mertua. Sebenarnya seperti apa sih aturannya bila kita ingin menitipkan anak kepada mereka? Simak pembahasannya.

Tanya terlebih dahulu. Meskipun menitipkan anak-anak pada orangtua sendiri, namun Anda harus tetap bertanya apakah mereka merasa keberatan atau tidak. Jika Anda ingin memastikan anak-anak tetap aman dan terpenuhi segala kebutuhannya, tak ada salahnya Anda tetap memakai jasa ART, agar tidak terlalu merepotkan orangtua.

Jelaskan kebiasan Si Kecil. Saat Anda memutuskan menitipkan anak-anak kepada ART, saudara, atau kakek dan nenek tentu akan ada perbedaan pola asuh. Ada baiknya berikan penjelasan mengenai pola asuh yang Anda terapkan pada anak di rumah. Perbedaan pola asuh tentu akan membuat Si Kecil bingung memilih untuk mengikuti aturan yang mana. Oleh karena itu, jelaskan kepada orangtua atau mertua bahwa anak-anak perlu konsistensi pola asuh untuk membentuk perilaku dan karakternya.

Orangtua, bukan pengasuh. Pada dasarnya, etika dalam menitipkan Si Kecil kepada orangtua atau mertua hanyalah sebatas mengawasi. Mereka bukan menjadi pengasuh yang setiap saat memandikan, menyuapi, hingga mengejar-ngejar saat anak ingin bermain. Peran Anda sebagai orangtua tetap harus menjadi orang pertama yang menyiapkan segala kebutuhan anak-anak mulai dari makannya, pakaian, hingga uang jajannya.

Saling percaya. Ketika menitipkan anak kepada orang yang bukan keluarga, tentu rasanya memang tak akan senyaman saat Anda menitipkannya pada orangtua atau mertua. Nah, karena Anda telah memutuskan menitipkan mereka pada orangtua, maka berikanlah kepercayaan kepada mereka saat mengasuh anak-anak Anda. Dengan bersikap demikian Anda telah berusaha menghormati dan menghindari perdebatan seputar pengasuhan anak yang berbeda.

Berikan sedikit hadiah. Jadilah anak yang peka terhadap kebutuhan orangtua apalagi jika mereka sering direpotkan dengan kehadiran Si Kecil. Tak ada salahnya, sebulan sekali Anda bisa berikan orangtua hadiah kecil atau hal-hal sepele seperti membelikan makanan favorit mereka atau mengajak berjalan-jalan. (Yosi Avianti/LD/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares