Health

5 Camilan Tinggi Protein

By  | 

Coba lihat isi laci meja kerja Anda, Mamas? Selain keperluan pribadi Anda, pasti ada camilan favorit Anda, bukan? Mungkin di situ ada biskuit, cokelat, hingga keripik singkong pedas ya? Hmmm…sesekali boleh-boleh saja sih Anda ngemil snack seperti itu, tapi kalau setiap hari? Siap-siap bobot tubuh makin berat deh! Nah, supaya tidak asal ‘kunyah’, camilan Anda sebaiknya yang tinggi protein. Satu hal yang perlu diingat, jika ingin menerapkan pola hidup sehat, Anda harus mengonsumsi 10-35 persen protein dalam menu harian Anda. Dan kebutuhan protein per hari untuk wanita adalah sebanyak 46 gram. Apa saja sih camilan yang berkandungan protein tinggi? Ini daftarnya ya, Smart Mama.

  1. Telur. Sebutir telur ayam rebus mengandung 6 gram protein dan 70 kalori. Bahkan saat ini di supermarket sudah tersedia beberapa jenis telur yang memiliki kandungan kalori lebih kecil. Anda tinggal memilihnya dengan melihat nutrition facts yang ada di dalam kemasannya.
  2. Kacang-kacangan. Mede, pistasio, atau kenari adalah beberapa jenis kacang-kacangan berkandungan protein tinggi serta kaya akan serat sehingga dapat membuat Anda kenyang dalam waktu lama. Tapi bila Anda tipe orang yang sangat ‘menghitung’ jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda, cukup makan 1-2 genggam saja ya.
  3. Tahu. Sebagai orang Indonesia, tahu dan tempe bisa dibilang makanan favorit banyak orang, Mamas. Bila Anda sudah menjadikan tahu sebagai camilan sehari-hari, jangan ganti dengan yang lain ya! Tahu kaya akan protein dan sejumlah penelitian membuktikan bahwa konsumsi kedelai sebagai bahan utama tahu, dapat mengurangi risiko kanker payudara dan prostat karena memiliki kandungan phytoestrogen yang tinggi. Sajikan tahu sesuai selera Anda, bisa digoreng atau dicampur dengan sayuran menjadi tahu isi yang enak.
  4. Greek yogurt atau yogurt rendah lemak. Seperti tahu, banyak orang menyukai yogurt, tapi jangan salah pilih ya. Saat berbelanja nanti, perhatikan dengan baik jenis yogurtnya. Greek yogurt mengandung 15-20 gram protein di dalam setiap kemasan yogurt 170 gram. Sementara di dalam regular yogurt kandungan proteinnya ‘hanya’ 9 gram di dalam kemasan yang sama. Campurkan greek yogurt dengan buah segar, sereal, atau kacang. Bukan hanya camilan sehat yang Anda dapatkan tapi juga rasa yang nikmat, Mamas.
  5. Biji labu. Camilan ini memang masih jarang didengar di Indonesia, tapi sebetulnya sudah mulai dijual secara online, meskipun memang harganya relatif mahal. Biji labu memiliki kandungan serat, vitamin, protein, potasium, zat besi, dan mineral. Dalam 28 biji labu terkandung protein sebesar 8 gram. Wah, tinggi sekali bukan? Nah mulai sekarang, jadikan pumpkin seeds ini sebagai salah satu snack wajib mingguan Anda ya! (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

Shares