Sex

Q&A : Kram Setelah Bercinta Saat Hamil

By  | 

Q : Kehamilan saya sudah memasuki trimester ketiga dan saya dan pasangan masih tetap aktif berhubungan seksual. Namun, untuk pertama kalinya, saya merasakan kram perut usai bercinta. Saya khawatir hal ini bisa berdampak pada janin dalam kandungan. Apa yang sebaiknya saya lakukan?

Stevani, hamil 7 bulan

A : Banyak pasangan yang masih tetap rutin berhubungan seks bahkan hingga mendekati hari persalinan. Dan selama tidak ada keluhan berarti, seks saat hamil tidak akan menyakit janin dalam rahim Anda. Sebetulnya, orgasme saat bercinta memang bisa menyebabkan kontraksi rahim namun tidak berbahaya. Penyebab lain kontraksi adalah prostaglandins dalam cairan semen pasangan dan rangsangan pada puting payudara Anda dan semua ini tergolong normal. Tapi, bila yang Anda rasakan lain dari biasanya, memang sebaiknya segera hubungi dokter kandungan untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Tapi, untuk lebih jelasnya Smart Mama akan memberikan tanda-tanda kapan Anda harus waspada bila mengalami kram paska bercinta. Tanda itu adalah :

  1. Anda merasakan kram selama lebih dari 2 jam.
  2. Vlek selama 3 hari berturut-turut.
  3. Mual dan muntah.
  4. Pergerakan janin di dalam rahim lebih lambat dari biasanya.
  5. Sakit di perut bagian bawah.
  6. Anda tetap merasa kesakitan meskipun sudah berbaring dalam waktu cukup lama.

So, Mamas, bila gejala-gejala ini sudah Anda alami setelah merasakan kram paska melakukan hubungan seks, segera ke rumah sakit ya. (Lenny Delima/Photo:Istockphoto.com)

Shares